Yuk, Cari Tahu Cara Bikin Instagram Ads dengan Panduan Lengkap Ini!

Instagram merupakan media sosial yang saat ini paling banyak digunakan. Tidak hanya untuk berbagi cerita melalui foto atau video, Instagram juga kerap digunakan untuk melakukan promosi produk. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan fitur Instagram Ads.

Instagram Ads sendiri merupakan sebuah advertising tool berbayar yang disediakan oleh pihak Instagram agar penggunanya dapat menjangkau audiens yang lebih banyak dengan cakupan yang lebih luas, atau jika dalam bisnis, digunakan untuk menjangkau audiens sesuai target yang sebelumnya telah ditentukan oleh pengguna dengan berbagai pengaturan.  

Dengan menjangkau audiens yang lebih banyak atau lebih luas melalui Instagram Ads, maka potensi penjualan produk pun akan menjadi semakin tinggi.

Jadi sekarang Sobat sudah tahu kan efektivitas penerapan Instagram Ads untuk kemajuan bisnis Sobat. Nah, sekarang saatnya Sobat tau bagaimana sih panduan lengkap dalam membuat Instagram Ads tersebut. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Merencanakan Instagram Ads dengan Facebook Business Manager

Sebelum mengetahui cara membuat Instagram Ads dengan Facebook Business Manager, sebaiknya Sobat ketahui dulu apa sih Facebook Business Manager itu.

Facebook Business Manager merupakan sebuah fitur gratis yang diberikan oleh Facebook yang dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk mengelola akun iklan (ads), dan aplikasi Facebook lain dalam satu platform atau tempat sekaligus.

Nah, untuk membuat Instagram Ads dengan Facebook Business Manager, ada beberapa hal yang dapat Sobat lakukan, yaitu:

  1. Menentukan target atau objektif iklan atau campaign produk

Objektif sebuah campaign atau iklan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam membuat Instagram Ads. Objektif tersebut akan menentukan traffic penjualan serta pembelian produk dalam bisnis Sobat.

Jika masih bingung dan belum tahu cara menentukan target iklan, Sobat tidak perlu khawatir karena Facebook memiliki format iklan yang dapat memudahkan Sobat dalam penentuan objektif atau target campaign. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan fitur Format Optimization dan Bidding Options.

Untuk lebih detail, beberapa format yang disediakan oleh Facebook Business Manager untuk membantu Sobat adalah Reach, Traffic, Engagement, Brand Awareness, Local Awareness, Video Views, Conversion, All Installs, Store Visits, dan Product Catalog Sales. 

  1. Menciptakan nama atau judul campaign Instagram Ads

Setelah menentukan objektif dari campaign Instagram Ads yang akan Sobat buat, hal penting selanjutnya yang harus dilakukan adalah memberi nama pada campaign atau iklan Instagram Ads tersebut. Penamaan ini diperlukan untuk memudahkan Sobat melakukan pendataan terhadap semua iklan Instagram Ads yang sudah pernah dibuat. 

Untuk pendataan atau tracking ini, selain menambahkan nama iklan Instagram Ads, Sobat juga bisa melengkapinya dengan membuat penanggalan agar pengelolaan campaign menjadi lebih tertata. 

Dalam pemberian nama campaign pada Instagram Ads pun Sobat tidak boleh asal-asalan. Pastikan nama iklan atau campaign tersebut singkat, padat, dan mudah diingat. Ingat, penamaan iklan Instagram Ads bertujuan untuk mempermudah Sobat dalam hal pendataan, bukan malah membuat Sobat menjadi semakin merasa ribet 

  1. Menentukan target pasar

Bukan hanya target campaign Instagram Ads yang perlu ditentukan, target pasar atau audiens pun harus dipastikan agar promosi dengan Instagram Ads berjalan efektif dan efisien. 

Di sini, Sobar sudah harus memiliki target pasar yang spesifik. Jika tidak, Instagram Ads tidak akan bekerja secara maksimal. Dengan penentuan target pasar yang tepat, maka biaya iklan yang digunakan pun akan lebih kecil karena efektivitasnya yang baik. 

Dalam penentuan target pasar Instagram Ads, ada 2 opsi pada Facebook Business Manager yang dapat Sobat pilih, yakni memilih target pasar yang telah ditentukan sendiri sebelumnya dan menciptakan target pasar yang baru di Facebook. 

  1. Mengatur penempatan iklan

Untuk membuat iklan yang efektif, iklan harus ditempatkan dengan strategis. Ada beberapa opsi yang bisa Sobat pilih untuk membantu Sobat dalam mengatur penempatan iklan, yakni Audience Network, In-stream Video, Facebook News Feed untuk desktop dan mobile, Instagram, Instant Articles, bahkan penempatan iklan pada bagian kanan halaman Facebook.

  1. Mengetahui budget serta bidding Instagram Ads 

Setelah Sobat berhasil menentukan target pasar yang jelas dan spesifik, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan budget serta bidding atau kemungkinan tawar-menawar yang dapat dilakukan dalam Instagram Ads. Agar lebih jelas, Sobat harus tahu apa saja aspek yang berpengaruh pada biaya iklan. 

  • Bidding pada iklan Facebook

Semakin besar biaya iklan yang Sobat keluarkan, maka semakin iklan Sobat dimunculkan oleh pihak Facebook. Jika iklan yang Sobat buat berhasil, biasanya harga bidding pun akan menjadi lebih rendah, plus Sobat akan memperoleh distribusi iklan yang lebih besar atau luas.

  • Relevance score

Semua iklan yang dipasang dengan Instagram Ads memiliki relevance score. Skor ini digunakan untuk melihat apakah iklan yang ditayangkan mendapat reaksi positif atau negatif. Nantinya skor ini akan menentukan bagaimana Facebook menjadikan iklan Sobat menjadi prioritas.

  • Estimated action rates

Estimated action rates merupakan estimasi kemungkinan orang yang melihat iklan yang Sobat tayangkan. Dengan ini, Sobat bisa memprediksi apakah iklan tersebut akan berhasil atau tidak.

Menentukan format Instagram Ads

Dalam membuat Instagram Ads, Sobat harus tahu format apa saja yang dapat digunakan. Pilih satu atau beberapa dari format Instagram Ads berikut yang bisa Sobat pakai:

  1. Single Image

Format ini merupakan format yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis dalam membuat campaign dengan Instagram Ads. Single Image Ads dinilai sangat simpel karena hanya memerlukan gambar, text on image (jika diinginkan), captions, dan tombol CTA.

  1. Carousel

Format ini memungkinkan Sobat memasukkan hingga 10 gambar atau video dalam satu Instagram Ads.

  1. GIF atau video

Jika Sobat lebih suka konten yang bergerak, GIF atau video untuk Instagram Ads adalah pilihan yang tepat.

  1. Slideshow

Dengan format ini, Sobat dapat memasukkan hingga 10 gambar serta menambahkan musik di dalamnya.

  1. Instagram lead ads

Dengan format ini, Sobat dapat memperoleh data tentang calon customer. Jika mereka melakukan klik pada Instagram Ads Sobat, mereka akan diarahkan ke halaman yang berisi formulir tentang info personal mereka, termasuk kontak.

  1. Instagram stories image

Format ini menempatkan Instagram Ads Sobat di Instastory berupa format gambar.

  1. Instagram stories video

Format ini menempatkan Instagram Ads Sobat di Instastory berupa format video 15 detik.

Jika Sobat telah menentukan format mana yang ingin digunakan untuk Instagram Ads, maka selanjutnya tentukanlah copywriting (headline dan text) serta tombol CTA yang ingin digunakan.

Sobat bisa memanfaatkan fitur Ad Preview Tool untuk melakukan peninjauan kembali terhadap tampilan iklan yang telah Sobat buat.

Jika semua sudah beres, klik Place Order agar Instagram Ads dapat diperiksa oleh pihak Instagram agar nantinya bisa diterbitkan.

Membuat promosi produk dengan Instagram Ads

Untuk mulai membuat Instagram Ads sebagai cara promosi produk yang efektif, pastikan akun Instagram yang Sobat gunakan untuk promosi telah memenuhi syarat berikut:

  • Telah dikonversi ke Instagram Bisnis.
  • Akun telah disambungkan ke halaman Facebook dan Sobat berperan sebagai admin.
  • Sobat memahami dan telah mengikuti kebijakan advertising dari Facebook.

Jika ketiga syarat di atas sudah terpenuhi, maka sobat dapat mulai membuat Instagram Ads. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah aplikasi Instagram Sobat dan segera masuk ke bagian profil.
  1. Pilih konten mana yang ingin Sobat promosikan.
  2. Klik tombol Promote yang berada di bagian bawah konten tersebut.

Jika langkah-langkah di atas sudah Sobat lakukan, maka lakukan lagi beberapa langkah berikut:

  1. Pilih salah satu dari 3 tujuan mengapa iklan tersebut dipasang, yakni Promotion Views, Website Traffic, atau Profile Visits.
  1. Isi detail promosi mulai dari objektif, tujuan, tombol CTA, jenis pasar, anggaran, serta durasi iklan ingin ditayangkan. Setelah itu, klik tombol Create Promotion.

So, itu dia panduan lengkap bikin Instagram Ads agar bisnis Sobat semakin maju. Mudah kan, Sobat? Selain berjualan, saatnya Sobat fokus untuk mengatur strategi promosi produk yang sedang Sobat jual. Sekarang gak perlu pusing soal urusan gudang, packing barang, bahkan pengiriman barang. Serahkan saja semua pada Keeppack!


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment