7 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif untuk Bisnis

Saat Sobat sudah membangun bisnis, hal selanjutnya yang perlu Sobat pikirkan adalah bagaimana strategi pemasaran yang ingin diterapkan. Perlu Sobat ketahui bahwa di era digital seperti saat ini, strategi pemasaran yang paling efektif digunakan adalah strategi pemasaran online.

Strategi pemasaran online atau yang sering disebut sebagai strategi digital marketing menggunakan kekuatan internet. Berbeda dengan strategi pemasaran konvensional, digital marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas, bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. 

Strategi pemasaran online juga dikenal efektif diterapkan untuk semua jenis produk dan jasa. Selain untuk product selling, pemasaran online juga mampu meningkatkan brand awareness

Karena saat ini banyak strategi pemasaran online yang digunakan berbagai perusahaan, Sobat mungkin bingung strategi mana yang paling efektif untuk dijalankan. Nah, biar Sobat gak bingung lagi, yuk baca artikel di bawah ini tentang 7+ strategi pemasaran online paling efektif untuk bisnis!

Content Marketing

Content is the king.

Pernyataan tersebut memang terbukti benar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya strategi pemasaran online yang mengandalkan kekuatan konten.

Dengan strategi content marketing, hal yang perlu Sobat lakukan adalah menciptakan konten yang berkaitan dengan bisnis dan brand Sobat. Konten-konten yang dimaksud dapat berupa informasi tentang produk, informasi edukatif yang dikaitkan dengan produk, berbagai tips, dan sebagainya.

Semua konten yang diciptakan dapat dibuat dalam bentuk teks, video, gambar berupa infografis, dan sebagainya. Kemudian, konten-konten tersebut dapat disebar di media sosial, website, atau berbagai platform lain.

Social Media Marketing

Di zaman sekarang, banyak orang sudah sangat dekat dengan media sosial. Ternyata media ini juga salah satu bagian dari strategi pemasaran online yang paling efektif, lho!

Social media marketing juga merupakan strategi pemasaran online yang paling mudah digunakan, apalagi mengingat platform media sosial sangat beragam jenis dan penggunanya. 

Social media marketing berkaitan erat dengan content marketing. Jika content marketing yang dibuat memiliki kualitas yang baik, misalnya dilihat dari segi ketepatan informasi dan kesesuaian informasi dengan produk atau jasa yang ditawarkan, maka social media marketing yang diterapkan akan mendatangkan hasil yang memuaskan.

Social media marketing juga sering dikaitkan dengan Pay Per Click (PPC), di mana Sobat bisa membuat iklan dengan konten yang telah diciptakan. Sejauh ini, bentuk PPC yang paling banyak digunakan adalah Facebook Ads dan Instagram Ads.

[ Strategi pemasaran online – keeppack.id ]

Search Engine Optimization (SEO)

Salah satu strategi marketing yang banyak digunakan adalah dengan mengoptimasi website. Strategi ini disebut sebagai Search Engine Optimization (SEO).

Dengan melakukan optimasi website menggunakan strategi SEO, website bisnis Sobat akan memiliki kemungkinan untuk berada di halaman pertama, bahkan di urutan pertama, hasil pencarian dari mesin pencari seperti Google.

Nah, jika website bisnis Sobat sudah berada di urutan hasil pencarian mesin pencari, maka website tersebut akan memiliki lebih banyak pengunjung atau traffic. Hal ini akan memperbesar kemungkinan produk atau jasa yang Sobat tawarkan terjual.

Dalam melakukan optimasi website dengan strategi SEO, hal yang perlu Sobat lakukan adalah membuat artikel-artikel dengan kata kunci tertentu yang sebelumnya sudah diriset terlebih dahulu.

Di sini, Sobat juga harus mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari jumlah kata dalam artikel, penulisan judul, deskripsi, dan sebagainya. Bukan hanya itu, dalam SEO, gambar dan teks dalam gambar juga harus diperhatikan.

Strategi pemasaran online dengan SEO dapat dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi atau bahkan gratis. Hasilnya memang baru terlihat dalam waktu yang cukup lama, bisa berbulan-bulan bahkan hingga hitungan tahun, namun dapat meningkatkan brand awareness untuk keperluan jangka panjang.

Search Engine Marketing (SEM)

Sama seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing juga menggunakan website sebagai media pemasarannya.

Bedanya, SEM menggunakan biaya yang lebih tinggi karena strategi pemasaran online yang digunakan adalah dengan memanfaat iklan yang menempatkan website di urutan pertama hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

SEM dapat digunakan jika Sobat ingin mendatangkan traffic ke website dalam waktu yang singkat. Namun tentu, biaya SEM harus tetap dipertimbangkan, karena semakin lama SEM digunakan, maka semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan. Strategi pemasaran online memang sangat efektif, tetapi juga perlu maintenance yang baik Sobat.

Personalized Marketing

Personalized marketing berarti strategi pemasaran yang dilakukan dengan menawarkan produk atau jasa secara online kepada target audiens secara personal. Dengan strategi marketing yang satu ini, Sobat dapat menjangkau audiens (berdasarkan demografi) yang kemungkinan besar membutuhkan produk dan jasa yang sedang Sobat tawarkan. 

Strategi pemasaran online dengan personalized marketing membuat target pasar merasa lebih relate dan lebih dekat dengan brand yang Sobat miliki.

Untuk menerapkan strategi pemasaran online yang satu ini, Sobat mungkin akan membutuhkan skill para ahli IT untuk melakukan pengujian data agar penawaran produk dan jasa dapat menyasar target pasar yang tepat.

Mobile Marketing

Strategi pemasaran online selanjutnya adalah mobile marketing. Tujuan dari pemasaran dengan cara ini adalah untuk menjangkau audiens atau pasar yang merupakan pengguna aktif perangkat mobile, baik telepon genggam maupun tablet. 

Biasanya strategi pemasaran online dengan mobile marketing dilakukan setelah pemilik bisnis melakukan riset berapa banyak pelanggan yang melakukan pemesanan produk atau jasa dengan menggunakan perangkat mobile. Jika hasilnya menunjukkan jumlah yang tinggi, maka mobile marketing sangat efektif digunakan. 

Email Marketing

Jika Sobat sudah mempunyai database email pelanggan, maka email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran online yang sangat efektif digunakan. Dengan email marketing, Sobat bisa keep in touch dengan pelanggan untuk membangun brand awareness hingga untuk melakukan penjualan dan mengumumkan berbagai penawaran.

Untuk mempermudah strategi pemasaran online dengan email, Sobat bisa memanfaatkan fitur Email Blast untuk mengirimkan pesan ke seluruh database sekaligus.

Integrated Digital Marketing

Dari namanya saja Sobat pasti sudah tahu bahwa strategi pemasaran online yang satu ini mengintegrasikan berbagai platform digital marketing untuk keperluan pemasaran. 

Dalam Integrated Digital Marketing, platform yang digunakan untuk pemasaran sangat variatif, mulai dari media sosial, berbagai aplikasi mobile, blog dan website perusahaan, YouTube, dan sebagainya. Kontennya pun sangat bervariasi, mulai dari teks, visual, audio, audiovisual, dan lain-lain yang biasanya berisi review produk, tutorial penggunaan produk, cara pemesanan, dan info-info lain yang berkaitan dengan product knowledge.

Nah, itu dia beberapa strategi pemasaran online yang efektif untuk diterapkan di bisnismu ya Sobat! Jika saat ini Sobat sedang membuka bisnis penjualan produk dan bingung mengurus masalah pergudangan yang terbilang rumit, Sobat bisa pakai jasa Keeppack untuk membantu!

Nanti Keeppack akan membantu Sobat melakukan manajemen gudang, mulai dari penyimpanan barang, pengemasan, hingga pengiriman barang kepada konsumen. Bagaimana? Menarik kan?

Yuk, pakai jasa Keeppack biar Sobat bisa mendalami strategi pemasaran online dan #FokusJualanAja!


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment