Jenis dan Cara Pasang Iklan di Shopee Paling Efektif

Siapa sih yang tidak tahu Shopee?

Shopee merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Pada kuartal 3 tahun 2020, jumlah pengunjung Shopee di Indonesia bahkan sudah mencapai lebih dari 96 juta jiwa. Jumlah ini menjadi alasan mengapa banyak orang berlomba-lomba membuka lapak online di Shopee. Cara Pasang Iklan di Shopee

Dengan Shopee, Sobat sebagai pemilik toko online tidak hanya dimungkinkan untuk berjualan, tetapi juga untuk memasarkan produk yang Sobar tawarkan.

Sejak tahun 2017, Shopee telah meluncurkan fitur iklan berbayar yang dikenal dengan Shopee MyAds atau Shopee Iklanku. 

Fitur ini terdiri dari 3 jenis iklan, yakni iklan kata kunci, iklan toko, dan iklan produk serupa. Yuk, kita ulas satu per satu tentang masing-masing iklan dan bagaimana cara pasang iklan di Shopee!

Iklan kata kunci

Iklan keyword atau iklan kata kunci merupakan iklan Shopee yang paling populer. Jika Sobat memasang iklan kata kunci di Shopee, maka produk Sobat akan muncul di halaman pencarian utama ketika calon pembeli mencari kata kunci yang sesuai dengan produk yang Sobat jual.

Sebelum belajar tentang cara pasang iklan di Shopee dengan kata kunci, sebaiknya Sobat pahami dulu beberapa keuntungan menggunakan iklan ini: 

  • Iklan kata kunci dapat memposisikan produk Sobat di bagian teratas halaman pencarian. Produk Sobat akan lebih mudah ditemukan
  • Penjualan akan meningkat seiring naiknya traffic calon pembeli di toko online Sobat.
  • Biaya-per-klik iklan dapat diatur sendiri.

Nah, setelah tahu keuntungan cara pasang iklan Shopee versi iklan kata kunci, berikut langkah-langkah yang dapat Sobat lakukan untuk mulai beriklan.

  1. Masuk ke Seller Center dan pilihlah produk yang ingin diiklankan.

Di tahap ini, Sobat juga dapat menentukan berapa modal yang ingin Sobat keluarkan serta berapa lama periode iklan yang Sobat pasang akan berlaku.

  1. Tentukan kata kunci atau keywords.

Di tahap ini terdapat dua pilihan yang ditawarkan oleh Shopee MyAds untuk Sobat yang ingin beriklan, yakni:

  • Memilih kata kunci otomatis, di mana sistem Shopee yang akan ‘membaca’ toko Sobat, mengatur, serta menyarankan kata kunci yang tepat. Jika Sobat memang tidak ada clue tentang kata kunci apa yang seharusnya digunakan, “Pilih Otomatis” adalah pilihan yang tepat.
  • Memilih kata kunci manual. Pada opsi ini, “Pilih Manual”, Sobat dapat mengatur kata kunci yang sesuai dengan keinginan Sobat.
  1. Pilih sendiri biaya-per-klik iklan.

Tahap ini menjadi nilai plus beriklan di Shopee. Sobat bisa menyesuaikan budget iklan dengan menentukan biaya-per-klik iklan sendiri. 

  1. Apabila Sobat ingin melakukan perubahan pada pengaturan iklan massal, Sobat cukup mencentang “Ubah Biaya Iklan Massal”, “Ubah Tipe Pencocokan Massal”, atau “Hapus Massal”.
  2. Aktifkan iklan dan siap-siap dikunjungi oleh calon pembeli!

Itu dia cara mudah pasang iklan kata kunci di Shopee. Mudah kan, Sobat? Yuk, pelajari jenis iklan selanjutnya!

Iklan toko

Berbeda dengan iklan kata kunci yang menampilkan produk secara langsung, Iklan Toko, sesuai namanya, akan menampilkan informasi singkat tentang toko Sobat, yakni berupa mama dan foto profil toko.

Iklan yang terpasang nantinya akan ditampilkan pada bagian atas halaman hasil pencarian jika pembeli mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan apa yang Sobat tawarkan di toko online Shopee.

Bukan hanya iklan kata kunci saja yang memiliki keuntungan, iklan toko di Shopee juga menawarkan keuntungan untuk Sobat, yakni sebagai berikut:

  • Iklan toko akan mengarahkan pembeli langsung ke toko Sobat. Pembeli akan segera dapat mengakses halaman toko dan kategori-kategori produk yang ditawarkan.
  • Popularitas toko Sobat akan meningkat karena ia akan berada di posisi paling atas pada halaman hasil pencarian di Shopee.
  • Meningkatnya penjualan seiring meningkatnya kemungkinan pembeli berkunjung ke toko online Sobat.

Nah, bagaimana sih cara pasang iklan di Shopee versi iklan toko? Begini nih Sobat!

  1. Pilihlah foto profil dan slogan iklan yang relevan dengan produk yang Sobat tawarkan. Jadi ketika calon pembeli melihat slogan atau foto profil tersebut, mereka akan segera tahu bahwa produk Sobatlah yang mereka cari. Jangan lupa mengarahkan pembeli untuk berkunjung langsung ke halaman kategori toko online Sobat!
  2. Sama seperti iklan kata kunci, di sini Sobat juga dapat memilih sendiri kata kunci yang Sobat inginkan. Jika belum sempat melakukan riset kata kunci, Sobat dapat membiarkan sistem Shopee yang bekerja untuk mengaturnya.

Oya, Sobat, di tahap ini ada beberapa hal yang harus Sobat ingat seperti:

  • Jika Shopee menyarankan sebuah kata kunci, sebaiknya tambahkan sinonim atau kata lain yang relevan dari kata kunci tersebut. Contohnya untuk toko note book. Sobat bisa menggunakan kata kunci “Buku catatan”, “buku harian”, atau bahkan “buku agenda”.
  • Apabila Sobat ingin mengarahkan penjual untuk masuk ke halaman toko Sobat, penggunaan kata kunci relevan juga akan sangat berguna. Misal untuk toko pasta gigi, Sobat dapat mengarahkan calon pembeli masuk ke halaman toko Sobat dengan menambahkan kata kunci seperti “Odol”, “Odol gigi sensitif”, dan sebagainya.
  • Cari kata kunci lain yang menggambarkan aktivitas penggunaan produk. Misal untuk buku tulis, Sobat dapat menambahkan kata kunci “Menulis” atau “Tulis tangan”.
  • Menggunakan minimal 10 kata kunci pencarian.
  1. Memasukkan biaya-per-klik sesuai budget yang Sobat miliki.
  2. Iklan siap ditayangkan!
  3. Oya, Sobat, selama dua minggu, lakukan pemantauan rutin terhadap traffic yang dihasilkan oleh iklan Sobat. Jika memang performanya baik, tingkatkanlah biaya-per-klik iklan tersebut.

Gimana, Sobat? Sudah siap tokonya diserbu calon pembeli? Lanjut ke iklan selanjutnya yuk!

Iklan produk serupa

Kamu akan sangat suka dengan jenis iklan Shopee yang satu ini. Iklan Sobat akan muncul ketika seorang calon pembeli meng-klik salah satu produk yang relevan atau sama dengan produk yang Sobat tawarkan. 

Tidak hanya itu, iklan produk Sobat juga akan tampil di halaman rekomendasi untuk membuat jangkauan terhadap pembeli yang tertarik dengan produk yang sama dalam jangka 30 hari terakhir 

Apa saja sih keuntungan pasang iklan produk serupa di Shopee? Nih, Sobat, aku kasih tahu!

  • Produk menjadi mudah dilihat karena berada di halaman rekomendasi calon pembeli.
  • Menjangkau pembeli secara lebih spesifik sesuai dengan ketertarikan mereka. Dengan jangkauan yang lebih besar, maka penjualan pun akan semakin meningkat.
  • Bisa menentukan modal serta biaya-per-klik iklan sendiri.

Ini dia yang ditunggu-tunggu, cara pasang iklan di Shopee versi iklan produk serupa. Cus!

  1. Masuk ke halaman Seller Centre.
  1. Pilih “Iklan Produk Serupa Baru”
  1. Tentukan maksimal 50 produk untuk dipromosikan.
  1. Memilih pengaturan iklan. Di sini Sobat akan diberikan 2 opsi, yakni:
  • Pengaturan Otomatis, di mana Shopee akan mengelola biaya-per-klik iklan yang Sobat ingin tayangkan.
  • Pengaturan Manual, di mana Sobat dapat mengatur sendiri modal, biaya iklan, hingga periode iklan yang ingin diterapkan untuk masing-masing produk.
  1. Iklan siap diluncurkan!
  2. Jangan lupa pantau terus iklannya ya Sobat. Untuk produk yang memiliki performa kurang baik, Sobat bisa segera nonaktifkan sehingga biaya iklannya bisa dialihkan ke produk lain yang memiliki performa lebih baik.

Nah, itu dia 3 jenis iklan di Shopee lengkap dengan cara pasang iklan di Shopee. 

Untuk Sobat yang telah mengikuti tips cara pasang iklan di Shopee dan berhasil, sehingga pembelian membludak, pasti akan kesulitan untuk meng-handle pemenuhan order sendiri. Maka dari itu ada Keeppack yang akan membantu Sobat untuk menyimpan barang dagangan Sobat di gudang, menghitung inventori, packing, kirim, dan urus pengembalian!

Kalau sudah pakai Keeppack, Sobat tidak perlu pusing lagi tentang masalah operasional dan Sobat bisa #FokusJualanAja!


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment