7 Alasan Mengapa Jasa Admin Online Shop Sangat Penting

Sejak pandemi COVID-19 muncul di Indonesia pada tahun 2020, bisnis online shop semakin menjamur. Nah, jika Sobat adalah salah satu pelaku bisnis online shop dengan usaha yang semakin berkembang, pastinya pelanggan akan semakin banyak, Sobat pasti mendapatkan banyak orderan, pertanyaan dari pelanggan, atau mungkin komplain terkait produk yang Sobat tawarkan. [ Jasa admin online shop ]

Jika semua hal di atas terjadi, Sobat tentunya tidak bisa menjalankan bisnis sendirian lagi. Apalagi pada sistem bisnis online shop, semua pelanggan bisa menjangkau Sobat kapan pun 24 jam sehari dalam seminggu. Di sinilah Sobat akan membutuhkan jasa admin online shop.

Apa itu jasa admin online shop?

Istilah dan peran jasa admin online shop mungkin sudah sangat sering didengar oleh beberapa orang. Namun jika Sobat belum tahu, secara sederhana, jasa admin online shop merupakan seseorang dalam bisnis toko online yang dipercaya dan berperan untuk mengurus bisnis. Biasanya admin bertugas untuk memberikan layanan kepada konsumen dengan memberikan informasi lengkap terkait produk, baik melalui halaman website, e-commerce, atau media sosial.

Karena peran sebagai admin memang cukup kompleks, Sobat mungkin ragu untuk membayar orang melakukannya. Padahal jika Sobat tidak segera mencari seorang admin untuk membantu, nanti yang kewalahan juga Sobat sendiri lho! Oleh karena itu, Sobat harus memahami alasan mengapa jasa admin online shop sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Sobat.

Mengapa Sobat butuh jasa admin online shop

Pada sebuah bisnis online shop yang berkembang, tentu akan sulit rasanya mengontrol atau membalas semua chat masuk dari pelanggan atau calon pelanggan. Nah, saatnya Sobat menggunakan jasa admin online shop. Berikut alasannya!

Lebih hemat tenaga 

Bayangkan dalam sehari Sobat memiliki 200 chat masuk dari calon pelanggan. Chat tersebut mungkin berisi komplain, pertanyaan mengenai produk, dan sebagainya. Sobat pun memutuskan untuk membalas satu per satu. 

Namun setelah 200 chat dibalas, apakah semua sudah selesai? Tentu tidak. Pastinya ada banyak pelanggan yang belum puas dengan jawaban Sobat dalam satu kali balas. Karenanya, mereka akan mengajukan pertanyaan lagi. Karena hal tersebut, banyak pekerjaan lain yang terbengkalai. Sobat pun harus mengorbankan waktu istirahat untuk bekerja penuh selama seharian.

Nah, jika Sobat menggunakan jasa admin online shop, hal seperti ilustrasi di atas tidak akan terjadi. Admin akan mengatasi dan membalas semua chat dari pelanggan. Sobat pun lebih hemat tenaga dan bisa menyisakan waktu untuk melakukan pekerjaan lain.

Jumlah admin yang Sobat pekerjaan tentu tergantung dari beban kerja dalam bisnis online Sobat. Jika chat masuk masih bisa dikontrol oleh 1 orang, Sobat bisa ikut membantunya sesekali. Namun jika chat masuk, order, hingga komplain membludak, sebaiknya Sobat mempekerjakan lebih dari satu orang. Sobat bisa memberikan spesifikasi tugas untuk mereka, misal ada yang khusus menangani komplain, khusus mengontrol konten media sosial, dan sebagainya.

Mengurangi tingkat stres

Saat Sobat menjalankan bisnis online shop yang berkembang sendirian, tingkat stres yang terus naik mungkin menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari. Secara fisik, Sobat mungkin merasa kuat untuk mengontrol semua pekerjaan. Padahal tingkat stres bisa mempengaruhi kinerja Sobat lho! Jika hal ini terus-menerus terjadi, Sobat bisa saja sering melakukan kesalahan, seperti salah kirim barang, dan sebagainya, yang ujung-ujungnya melahirkan komplain dari para pelanggan dan lebih parahnya kehilangan pellanggan!

Sobat mau hal itu terjadi? Tentu tidak kan! Nah, itu berarti sudah saatnya Sobat menggunakan jasa admin online shop. Dengan menggunakan jasa admin online shop, bisnis Sobat akan lebih tertata rapih dan pastinya meningkatkan kualitas pelayanan.

Membantu menjaga konsistensi layanan

Layanan yang diberikan oleh para penjual di bisnis online shop kerap menjadi salah satu tolak ukur yang digunakan pelanggan untuk memutuskan apakah ia akan membeli produk Sobat lagi atau tidak. Apalagi di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat seperti sekarang. Semua pebisnis berlomba-lomba meningkatkan kualitasnya, termasuk yang menjadi prioritas adalah dari sisi pelayanan. [ Jasa admin online shop ]

Jika Sobat memiliki banyak chat masuk dari calon pelanggan dan ternyata Sobat tidak bisa responsif karena harus melakukan berbagai pekerjaan lain, pelanggan-pelanggan tersebut tentu bisa beralih ke online shop yang lain, bukan? Jika sudah demikian, Sobat tentu merasa kesal dan akhirnya merugi.

Nah, dengan adanya jasa admin online shop, kerugian karena pelayanan yang kurang responsif dapat Sobat minimalisir. Saat menggunakan jasa admin online shop, tugas untuk menghubungkan produk dengan pelanggan bisa lebih responsif dan fokus.

Mendorong peningkatan target penjualan

Jika pelayanan yang diberikan oleh jasa admin online shop sudah baik, calon pelanggan pun akan dikonversi menjadi pelanggan. Hal ini dikarenakan mereka puas dengan jawaban-jawaban yang responsif. Tentu mereka tidak ragu membeli produk Sobat, karena mereka tahu, jika suatu saat mereka memiliki komplain terkait pesanan, mereka akan dilayani dengan cepat.

Selain itu Sobat pun bisa fokus pada penjualan. Tidak ada lagi salah kirim barang, salah penulisan alamat, dan sebagainya. Secara tidak langsung, ini akan mendorong peningkatan target penjualan.

Konten media sosial lebih berkualitas

Nah, bagi Sobat yang menjalankan bisnis online shop di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya, jasa admin online shop pun sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, admin bertugas untuk mengunggah konten (baik berupa foto atau video produk) secara reguler. Tentu sebelumnya admin telah memilih konten terbaik untuk diunggah. Selain itu, admin juga bertugas untuk membuat caption yang menarik. Jika konten media sosial tersebut berkualitas, konsumen tentu akan lebih percaya pada bisnis Sobat.

Meningkatkan jumlah followers

Jika konten yang dibuat berkualitas dan waktu pengunggahannya pun dilakukan rutin, followers media sosial bisnis Sobat akan semakin meningkat. Ini jelas menunjukkan mengapa penggunaan jasa admin online shop dapat menguntungkan bisnis Sobat.

Bisnis semakin dekat dengan followers

Adanya jasa admin online shop memperbesar kemungkinan lahirnya pelanggan-pelanggan yang loyal. Hal ini dikarenakan sang admin selalu siap menjawab dan merespons semua pertanyaan, komplain, hingga berbagai komentar-komentar di media sosial. Secara tidak langsung, Sobat pun memperlakukan pelanggan sebagai teman.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa Sobat memerlukan jasa admin online shop. Jasa ini akan mempermudah Sobat untuk menjalankan bisnis.

Sebenarnya ada satu lagi jasa yang dapat mempermudah dan membantu mengembangkan bisnis Sobat, yakni jasa fulfillment center. Salah satu yang bisa Sobat gunakan adalah Keeppack.

Jika pesanan produk yang Sobat terima sudah semakin banyak bahkan membludak, Sobat mungkin kewalahan untuk melakukan pengemasan barang bahkan mengirimkannya satu per satu ke alamat yang benar. Belum lagi tumpukan barang-barang yang sudah dikemas diletakkan begitu saja (karena Sobat tidak memiliki gudang) membuat Sobat menjadi stres. Tenang saja, Sobat! Serahkan pekerjaan ini pada Keeppack!

Keeppack membantu Sobat dalam mengatasi masalah pergudangan, mulai dari penyimpanan barang, pengemasan, hingga pengiriman barang ke alamat yang tepat. Keeppack bisa menjamin keamanan dan kualitas barang sebelum dikirim sehingga Sobat terhindar dari komplain pelanggan. Oh ya! Keeppack juga mempunyai service jasa admin online shop lho Sobat! Lengkap deh pokonya!

Dengan Keeppack, Sobat bisa #FokusJualanAja!

klik disini untuk keterangan lebih lanjut keeppack.id


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment