Live Shopping: Strategi Baru Bisnis Online Lebih Maju

Untuk memperluas bisnis UMKM  di masa pandemi, Kemenkop UMKM/UKM baru-baru ini menggandeng e-commerce marketplace untuk meluncurkan skema live shopping. Karena itu, di masa pandemi ini, live shopping tampaknya sudah menjadi salah satu cara baru bagi UMKM untuk mempromosikan produk dan menjual lebih banyak barang.

Inisiatif yang dilakukan oleh Kemenkop UMKM/UKM ini tidak hanya menjadi forum atau ajang untuk mempromosikan produk UKM, tetapi juga ajang untuk membawa masyarakat bergerak maju di masa pandemi, mempermudah konsumen mendapat berbagai barang kebutuhan, serta memberikan akses pasar bagi produk-produk UMKM di sektor tersebut.

Nah, apa sih live shopping itu sebenarnya? Yuk, simak dalam penjelasan berikut ini!

Pengertian Live Shopping

Live shopping adalah sistem jual beli yang dilakukan secara langsung melalui platform online. Sebagai orang yang berjualan atau menawarkan barang, Sobat bisa berkomunikasi langsung dengan konsumen. Sobat bisa menjelaskan lebih lengkap tentang keunggulan produk yang Sobat tawarkan, di mana dan bagaimana membelinya, bahkan melakukan penawaran harga.

Bukan hanya dari sisi penjual, konsumen juga dapat memberikan umpan balik dengan mengajukan berbagai pertanyaan tentang produk di kolom komentar yang disediakan.

Biasanya, live shopping semacam ini biasanya tidak berlangsung lama, dan penjual memberikan batasan waktu tertentu. Oleh karena itu, proses jual beli berlangsung dalam waktu yang cepat dan singkat. Saat ini, live shopping sudah bisa menggantikan proses tawar menawar yang biasanya terjadi secara offline antara penjual dan pembeli.

Tapi, apa sih sebenarnya keuntungan live shopping ini?

Keuntungan live shopping

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, live shopping memberikan beberapa keuntungan, baik bagi penjual (pebisnis) maupun pembeli (konsumen), yakni:

Mengukur antusiasme masyarakat

Bagi para pebisnis, keuntungan menggunakan sistem live shopping adalah dapat mengukur antusiasme masyarakat terhadap produk yang ditawarkan. Jumlah audiens yang hadir pada live shopping, termasuk penawar, ditampilkan langsung di layar live shopping. Selain itu, penjual bisa mendapatkan feedback berupa review secara langsung dari konsumen. Review ini menjadi masukan dan kritik untuk pengembangan produk selanjutnya.

Interaksi yang lebih dekat

Live shopping menciptakan interaksi yang lebih personal antara pembeli dan penjual. Penjual dapat menghidupkan suasana belanja langsung dengan menceritakan lelucon atau menyampaikan curhatan-curhatan soal produknya, sehingga kegiatan belanja tidak membosankan.

Konsumen melihat langsung

Keuntungan selanjutnya adalah konsumen dapat melihat langsung apa yang Sobat dijual. Saat berjualan online, kesulitan bagi konsumen untuk mencari tahu bagaimana bahan, warna, dan ukuran produk yang Sobat tawarkan. Mereka kerap khawatir jika produk yang ditampilkan di gambar toko online tidak sesuai dengan produk aslinya. Nah, dengan berbelanja melalui live shopping, pembeli dapat meminta penjual untuk menunjukkan detail produk.

Menjangkau audiens lebih luas

Live shopping tentunya akan membantu Sobat menjangkau audiens yang lebih luas sembari meningkatkan jumlah followers. Semakin terkenal live shopping dan produk Sobat tawarkan, semakin banyak pula pelanggan yang akan Sobat dapatkan. Karena itu, live shopping juga bisa menjadi peluang untuk memperkenalkan toko online Sobat secara luas.

Tips live shopping biar ramai

Jika Sobat tertarik untuk mengembangkan bisnis dengan live shopping, Sobat tentu menginginkan banyak penonton. Bagaimana sih caranya? Yuk, simak tips di bawah ini!

Buat tujuan live streaming yang jelas

Saat ingin melakukan live streaming, pastikan Sobat memiliki tujuan yang jelas untuk menarik minat dan perhatian orang sebanyak mungkin. Tujuan dibentuk berdasarkan subjek yang ingin Sobat ambil. Misalnya, jika Sobat ingin membuat tema toko pakaian bekas minggu ini, tujuan Sobat adalah menjual pakaian bekas berkualitas tinggi. Tujuan ini akan mendorong minat konsumen yang menginginkan pakaian berkualitas dengan harga terjangkau.

Buat publikasi

Perencanaan yang matang adalah kunci sukses dari live shopping. Jika memungkinkan, buatlah publikasi jauh-jauh hari sebelumnya bahwa Sobat akan melakukan live streaming. Tuliskan informasi berupa apa yang akan Sobat jual, waktu live streaming, dan berbagai hal lain yang menurut Sobat penting untuk disampaikan. Dengan cara ini, audiens yang muncul dalam siaran adalah konsumen potensial.

Pastikan kualitas video baik

Pencahayaan adalah salah satu kunci sukses dalam melakukan live streaming. Dengan pencahayaan yang baik, penonton juga dapat melihat produk dengan lebih jelas. Sobat dapat memberikan gambaran tentang warna dan bentuk produk yang cocok untuk produk dengan pencahayaan yang baik. Selain itu, latar belakang video yang bagus juga akan menampilkan diri Anda yang menawan.

Bangun Interaksi

Salah satu perbedaan antara belanja online dan offline adalah interaksi. Pastikan Sobat memberikan pengalaman komunikasi langsung dengan calon pelanggan dengan cara yang menarik. Selain penjelasan lengkap, Sobat juga bisa membangun keakraban dengan calon pelanggan melalui lelucon sederhana.

Terapkan diskon atau promosi

Tidak ada salahnya memberikan diskon kepada pelanggan, bukan? Jika Sobat baru memulai bisnis, diskon dan promosi bisa menjadi kunci untuk memperkenalkan produk Sobat lebih luas. Selain itu, promosi dan diskon dapat menarik pengunjung ke akun Sobat. Setelah diskon dan promosi diterapkan, jangan lupa lakukan evaluasi ya! Jangan sampai Sobat malah rugi.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Sobat ketahui tentang live shopping, keuntungan, serta tips suksesnya. Gimana? Siap melakukan live shopping demi penjualan bisnis yang lebih melejit?


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment