Tips Membuat Kemasan Produk yang Baik dan Menarik

Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan kita, termasuk dalam dunia bisnis seperti cara membuat kemasan produk. Kemasan produk yang dulunya hanya menjadi pelindung produk yang dijual kini telah berubah peran menjadi sesuatu yang menentukan kelayakan produk untuk dijual. Inilah beberapa tips membuat kemasan produk yang baik dan menarik.

Apa itu kemasan produk?

Secara umum, kemasan produk dapat diartikan sebagai kemasan (cover) yang memiliki fungsi untuk mencegah atau meminimalisir kerusakan pada produk yang dikemas. Sementara itu, sebagian orang mengatakan bahwa pengertian kemasan produk adalah suatu bahan pengemas produk yang memiliki fungsi untuk menyimpan, melindungi, mengidentifikasi, bahkan mempromosikan produk.

Intinya, saat ini fungsi kemasan produk tidak hanya untuk melindungi produk, tetapi juga digunakan sebagai alat pemasaran untuk membangun citra merek dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, sebagai seorang pemilik bisnis kamu harus tahu bagaimana cara membuat kemasan produk yang baik dan menarik.

Fungsi kemasan produk

Nah, sebelum memahami tips membuat kemasan produk, sebaiknya Sobat memahami fungsi kemasan produk itu sendiri. Berikut fungsi yang dimaksud:

Perlindungan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari kemasan produk adalah sebagai pelindung. Kemasan produk harus bisa menjaga keamanan produk dan melindunginya dari lingkungan luar.

Melalui pengemasan, produk tidak hanya dapat terlindungi dari kerusakan karena, misalnya, terjatuh, tetapi juga produk dapat terlindungi dari cuaca seperti hujan, sinar matahari, polusi kotoran, dan debu.

Penyimpanan

Fungsi kemasan produk selanjutnya adalah menjaga agar isi kemasan tetap aman selama penyimpanan. Dalam fungsi ini, Sobat perlu memastikan bahwa kemasan produk yang dibuat dapat melindungi dari debu, kotoran, atau berbagai hal lainnya selama penyimpanan.

Pendistribusian

Pengemasan memiliki dampak besar pada efisiensi dan kecepatan distribusi produk. Dalam fungsi pengemasan produk ini, pengemasan harus sederhana dan efisien, mudah diangkat, dipindahkan, dan disimpan.

Penjualan

Ketika Sobat membuat kemasan produk, Sobat harus memastikan bahwa pengemasan produk dapat menjadi alat promosi produk. Pada titik inilah produk perlu diberikan identitas secara visual, contohnya dengan membuat desain kemasan yang menggambarkan bisnis Sobat.

Promosi

Mempromosikan brand melalui kemasan produk merupakan fungsi integral dari kemasan. Kemasan harus dapat memberikan dorongan yang positif pada keputusan pembeli. Perusahaan Sobat dapat menggunakan warna, logo, simbol, dan deskripsi yang menarik untuk mempromosikan produk yang dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli.

Informasi

Fungsi pengemasan ini melibatkan penempatan berbagai informasi dan detail spesifik produk pada kemasan. Kemasan produk yang baik harus dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Informasi umum yang diberikan oleh kemasan meliputi karakteristik umum produk, kandungan bahan, nama dan alamat produsen, berat bersih isi, bahkan harga eceran tertinggi.

Identifikasi produk

Kemasan digunakan untuk identifikasi produk, artinya kemasan harus dapat menjadi pembeda antara produk yang Sobat miliki dengan produk yang dimiliki kompetitor. Kemasan juga merupakan kepribadian produk. Dengan kemasan yang berbeda, Sobat akan lebih mudah melengkapi identifikasi produk, karena kemasan produk meningkatkan kepribadian atau citra produk itu sendiri. Nah, Sobat tentu harus paham bagaimana membuat kemasan produk yang baik untuk meningkatkan citra brand.

Kenyamanan

Kemasan membantu memberikan kemudahan bagi pengguna. Dengan ada kemasan produk, Sobat harus bisa memastikan bahwa suatu produk akan lebih mudah dibawa, dipindahkan, atau disimpan.

 Jaminan

Fungsi pengemasan produk selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa konsumen mendapatkan kualitas produk yang diinginkan. Kemasan produk harus bisa menjamin bahwa produk di dalamnya memiliki kondisi yang baik dan dapat digunakan atau dikonsumsi sesuai dengan harapan konsumen.

Tips membuat kemasan produk

Ada beberapa tips membuat kemasan produk yang bisa Sobat terapkan, yakni sebagai berikut:

Perhatikan etika dan estetika

Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk membuat kemasan produk. Etika pembuatannya pun tergantung gaya hidup masyarakat di daerah tertentu. Oleh karena itu, dalam membuat kemasan produk, Sobat harus menyesuaikan dengan segmen pasar agar tidak menimbulkan kontroversi.

Estetika dalam kemasan merupakan hal yang erat kaitannya dengan kecantikan atau keindahan. Estetika di sini dapat ditampilkan dalam bentuk citra visual, yang dapat dibangun melalui pilihan bentuk kemasan, pilihan warna, komposisi grafis, penggunaan font, metode pengemasan, dll. Dengan kemasan yang menarik, maka kualitas dan citra produk pun akan semakin menarik dan optimal.

Membuat kemasan produk dengan harga ekonomis

Membuat kemasan produk yang ekonomis diperlukan agar perhitungan biaya produksi lebih efektif termasuk dalam pemilihan bahan, sehingga biaya tidak melebihi proporsi pendapatan.

Nah, Sobat bisa mencari supplier yang menyediakan bahan-bahan kemasan produk yang lebih murah namun tetap berkualitas. Selain itu, Sobat juga bisa mempertimbangkan keseragaman model kemasan produk agar biayanya lebih murah.

Buat kemasan produk ramah lingkungan

Masalah lingkungan juga sangat penting untuk dipertimbangkan dalam membuat kemasan produk. Hal ini erat kaitannya dengan peningkatan jumlah polusi yang dapat dihasilkan oleh kemasan yang diproduksi, seperti limbah yang sulit terurai. Untuk mendukung kebersihan dan kesehatan lingkungan, sebaiknya Sobat menggunakan kemasan ramah lingkungan yang umumnya dapat didaur ulangĀ  atau digunakan kembali.

Gunakan kemasan berwarna cerah

Pembuatan kemasan produk yang menarik dan unik didukung dengan pemilihan warna yang cerah dan bervariasi. Mulailah dengan memperhatikan kemasan yang digunakan oleh kompetitor Sobat. Identifikasi warna yang umum mereka gunakan, lalu cari warna lain yang bisa membedakan produk Sobat dengan produk mereka.

Warna-warna cerah biasanya menjadi pilihan yang tepat karena terlihat menonjol atau semarak dan berbeda saat diletakkan berdampingan dengan produk-produk lain di etalase atau rak-rak toko.  

Tambahkan informasi penting dengan font unik dan menarik

Setelah Sobat memutuskan warna kemasan produk, Sobat harus memikirkan informasi apa yang akan ditambahkan ke kemasan produk karena informasi ini juga sangat penting bagi konsumen. Buatlah informasi yang singkat, padat, dan menggunakan font  yang unik dan menarik sehingga konsumen mengetahui keunikan informasi tersebut tanpa mengabaikannya. 

Gunakan gambar yang menarik

Saat ini, banyak orang lebih mudah menangkap pesan brand yang menonjolkan tampilan visual. Oleh karena itu, Sobat harus menggunakan gambar yang menarik pada kemasan produk.

Gambar yang dibuat di kemasan produk tidak selalu harus berupa gambar yang berkaitan langsung dengan produk. Sobat bisa menggunakan gambar kartun atau gambar lucu lainnya yang secara tidak langsung menunjukkan produk Sobat.

Tunjukkan informasi legalitas

Jika produk yang kamu jual diakui legalitasnya, terutama untuk produk makanan, biasanya konsumen akan lebih tertarik untuk membeli. Nah, untuk meningkatkan kredibilitas produk, tambahkan data legalitas dari pemerintah saat Sobat membuat kemasan produk. Data tersebut misal logo halal, legalitas dari BPOM, Dinas Kesehatan, dan sebagainya.

Nah, Sobat, itulah beberapa informasi tentang pengemasan produk dan tips membuat kemasan produk yang baik dan menarik. Jika Sobat memiliki menjual produk tertentu, terutama produk UMKM, jangan lupa mengingat setiap detail informasi di atas ya!


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment