Pemasaran Digital: Manfaat dan Berbagai Strateginya

Dengan perkembangan teknologi dan platform digital, strategi pemasaran digital pun semakin banyak diterapkan. Meskipun demikian, nyatanya masih banyak calon pebisnis atau bahkan pebisnis yang sudah bertahun-tahun menjalankan usahanya, yang enggan terjun ke dunia pemasaran digital hingga saat ini. Pasalnya, mereka masih belum benar-benar memahami apa itu pemasaran digital, manfaat, dan apa saja strategi yang bisa mereka terapkan.

Sobat jangan khawatir karena artikel ini akan membahas lebih jelas tentang apa itu pemasaran digital dan contoh-contoh strateginya.

Apa itu pemasaran digital?

Pemasaran digital adalah strategi pemasaran dengan menggunakan teknologi digital untuk memasarkan produk atau layanan melalui Internet, media sosial, telepon seluler, atau media digital lainnya. Istilah ini juga sering disebut dengan digital marketing.

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti media cetak, papan iklan, dan televisi, pemasaran digital secara inheren didorong oleh data. Oleh karena itu, platform pemasaran digital populer saat ini banyak menawarkan akses ke berbagai data untuk analisis keberhasilan iklan yang komprehensif.

Dengan memanfaatkan kekuatan internet dan teknologi, Sobat sebagai pebisnis bisa mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai perilaku atau keterlibatan customer, sehingga Sobat bisa memberikan konten dan iklan yang dipersonalisasi kepada audiens  atau customer untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. .

Manfaat pemasaran digital bagi bisnis

Dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional, pemasaran digital membawa manfaat yang jauh lebih baik dan memudahkan pebisnis. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Menghapus batasan geografis dan waktu untuk memasarkan produk

Manfaat pertama dari pemasaran digital adalah menghapus batasan pemasaran. Sobat memiliki kebebasan untuk mempromosikan produk kapan saja, di mana saja, baik secara lokal, nasional, maupun internasional.

  1. Penjualan produk lebih cepat dan tepat sasaran

Dengan strategi pemasaran digital, sistem penjualan produk lebih cepat dan bisa disesuaikan dengan minat customer. Saat Sobat membuat iklan secara online, Sobat dapat menentukan kriteria customer yang akan dijadikan sebagai sasaran iklan. Hal ini akan membuat iklan Sobat lebih efisien dan membuat penjualan lebih mudah.

  1. Lebih mudah membangun hubungan dengan customer

Dengan digital marketing, Sobat bisa melayani customer tanpa harus bertemu langsung dengan mereka. Sobat dapat membangun interaksi yang lebih dekat dengan customer hanya dengan membangun interaksi melalui media sosial.

  1. Personalisasi produk berdasarkan karakteristik konsumen

Melalui saluran promosi online, Sobat dapat menganalisis profil kepribadian orang-orang yang tertarik pada produk/konten Sobat secara bersamaan. Dengan hasil analisis tersebut, Sobat bisa melakukan inovasi produk.

  1. Banyak keuntungan dalam waktu singkat

Pemasaran digital memberi Sobat kesempatan untuk menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat dalam waktu yang lebih singkat. Meskipun membutuhkan banyak usaha, pemasaran digital adalah strategi paling efektif dan efisien untuk menarik lebih banyak calon customer dan mempromosikan produk tanpa harus selalu mengeluarkan banyak biaya.

Strategi pemasaran digital

Nah, setelah Sobat memahami apa itu pemasaran digital dan manfaatnya bagi bisnis, pasti Sobat penasaran bagaimana cara menerapkannya. Yuk, simak penjelasan di bawah ini sebagai beberapa strategi pemasaran digital yang bisa Sobat terapkan!

  1. Email marketing

Email marketing adalah strategi pemasaran digital yang dilakukan dengan mengirimkan email ke customer. Inti dari pendekatan ini bukan hanya sekedar mengirim email, tetapi bagaimana membuat email tersebut semenarik mungkin sehingga customer akan membacanya bahkan mengklik promosi yang ada di email tersebut.

  1. Social media marketing

Pemasaran digital melalui media sosial bisa Sobat lakukan dengan mengoptimalkan konten atau dengan memposting iklan di berbagai media sosial. Sobat dapat mempromosikan bisnis di TikTok, Facebook, Twitter, atau YouTube. Hampir semua platform media sosial sekarang menawarkan layanan untuk mempromosikan bisnis.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi pemasaran digital ini melibatkan penggunaan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. SEM sendiri terbagi menjadi dua area yaitu SEO dan PPC

Search Engine Optimization (SEO)

Cara ini dilakukan dengan mengoptimalkan konten digital Sobat bisa tampil di beranda Google tanpa membayar penyedia iklan. Artinya, Sobat bisa menjangkau audiens lebih luas tanpa harus membayar biaya iklan.

Pay-per-Click (PPC)

Berbeda dengan SEO, PPC dilakukan dengan cara membayar penyedia iklan sehingga ketika calon customer mencari kata kunci tertentu berdasarkan produk Sobat, materi pemasaran digital yang Sobat buat selalu berada di hasil teratas.

  1. Influencer atau affiliate marketing

Sobat mungkin sudah sering melihat berbagai brand melibatkan pihak-pihak seperti influencer dan mitra afiliasi untuk membantu memasarkan produk mereka. Nah, strategi yang sama juga bisa Sobat terapkan untuk mempromosikan bisnis Sobat.

Pemasaran digital lewat influencer dilakukan dengan membayar layanan influencer tersebut, di mana nantinya sang influencer akan menawarkan produk Sobat kepada pengikut mereka di media sosial. Sementara itu, pemasaran afiliasi melibatkan affiliate di mana Sobat harus membayar komisi ketika affiliate berhasil menjual produk.

  1. Content marketing

Seperti namanya, teknik pemasaran digital ini dilakukan dalam berbagai proses yang melibatkan konten dengan membuat, mengelola, atau mempostingnya. Dalam hal ini, Sobat bisa menggunakan berbagai jenis konten untuk “membujuk” customer secara halus agar mereka mau membeli produk yang Sobat tawarkan.

Salah satu cara yang sangat disarankan untuk menerapkan pemasaran konten adalah membuat situs web sendiri. Dengan cara ini, Sobat bisa membuat konten-konten yang berkaitan dengan brand atau produk yang Sobat tawarkan.

Nah, itu dia penjelasan tentang apa itu pemasaran digital, manfaatnya, serta beberapa strateginya yang bisa Sobat terapkan untuk pengembangan bisnis. Gimana nih, Sobat? Siap bisnismu menjadi lebih maju dengan terjun ke pemasaran digital?


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment