Mau Bisnis Lebih Sukses? Ikuti Cara Jualan di Tiktok yang Paling Efektif!

Cara jualan di TikTok. Jika dulu berjualan hanya bisa dilakukan secara offline, perkembangan zaman memungkinkan kita berjualan secara online, menjangkau calon pembeli dari berbagai belahan dunia, kapanpun dan dimanapun kita berada. Salah satu tempat jualan online yang paling banyak digunakan adalah media sosial. Menariknya, dari tahun ke tahun media sosial yang digunakan untuk berjualan juga semakin bervariasi.

Mungkin Sobat sudah tidak asing lagi dengan TikTok. Yup! Media sosial yang satu ini menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia, beberapa tahun terakhir. Bukan hanya untuk mencari hiburan dan berbagi konten berupa video, TikTok juga dimanfaatkan oleh para pebisnis online untuk menawarkan produk atau jasa mereka, lho!

Ikuti tren di TikTok dan buat konten menarik

Tapi sayang, masih banyak pebisnis yang belum mengerti cara jualan di TikTok yang efektif. Kalau Sobat salah satu di antaranya, yuk simak penjelasan ini!

Coba deh Sobat selalu ikuti tren yang sedang hype di TikTok. Seperti tren media sosial lainnya, tren TikTok juga berubah dengan cepat, sehingga Sobat harus selalu memantaunya.

Berpikirlah secara kreatif agar Sobat bisa membuat konten relevan yang disesuaikan dengan karakteristik bisnis online yang Sobat ingin promosikan. Buatlah versi yang berbeda dan unik dari bisnis online Sobat.  Jadi Sobat tidak terkesan hanya ikut-ikutan tren saja. Konten yang menarik secara otomatis menarik banyak calon pelanggan baru yang akan mengklik tombol “follow” di akun bisnis Sobat.

Fokus kualitas konten

Siapa pun dapat membuat kontennya menjadi viral. Namun, jika konten Sobat biasa-biasa saja dan tidak menawarkan nilai yang besar, hampir pasti calon pelanggan tidak akan tertarik. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, buatlah konten yang menarik dan pelajari setiap konten yang sedang tren dan viral.

Agar konten Sobat menarik, ada beberapa bentuk konten yang bisa Sobat coba, seperti:

Behind the Scene

Pelanggan saat ini sangat memperhatikan apa yang mereka beli, makan, dan pakai. Oleh karena itu, konten behind the scene menjadi strategi yang tepat untuk menarik calon konsumen. Sobat bisa membuat konten yang berkaitan dengan bisnis, mulai dari cerita tentang masa-masa sulit saat pandemi, bahan-bahan yang Sobat gunakan untuk produk, cara pengemasan produk, atau berbagai persiapan lainnya sebelum produk dikirimkan ke pelanggan.

Edukasi

Siapa bilang konten edukasi selalu membosankan? Dengan berpikir kreatif, Sobat bisa banget lho bikin konten edukasi yang menarik dan menyenangkan. Anggaplah Sobat berjualan sepatu. Nah, Sobat bisa berikan edukasi tentang cara mencuci sepatu, cara mix & match sepatu dengan baju yang digunakan, dan sebagainya.

Tutorial

Bentuk konten yang satu ini sering menjadi penyelamat, baik untuk pelanggan maupun untuk Sobat yang menjalani bisnis. Nah, karena video tutorial biasanya digandrungi masyarakat, Sobat juga bisa berkreasi dengan membuat video tutorial. Contohnya, jika Sobat berjualan produk skincare, Sobat bisa membuat video tutorial menggunakan produk skincare yang benar.

Memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia

Banyaknya fitur dalam aplikasi TikTok terkadang membuat pengguna malas mengeksplorasinya. Padahal, memaksimalkan fitur membuat konten video lebih menarik, lho! Ini adalah salah satu cara jualan di TikTok yang efektif. Sobat dapat mencoba fitur TikTok untuk membuat konten promosi yang baik termasuk musik, pengubah suara, stiker dan efek, filter, beautify, dan sebagainya.

Buat caption menarik

Terkadang pengguna aplikasi media sosial, bahkan akun bisnis, hanya memposting konten tanpa membuat caption yang jelas. Padahal caption sama pentingnya dengan konten, lho! Di captions, Sobat bisa menuliskan deskripsi produk yang Sobat tawarkan. Tapi pastikan Sobat membuat caption yang catchy dan tidak terlalu panjang ya!

Gunakan hashtag yang sesuai

Menggunakan hashtag akan membantu Sobat memperluas jangkauan konten bisnis. Ini jadi salah satu cara jualan di TikTok yang wajib Sobat coba. Semakin luas jangkauan konten, semakin tinggi kemungkinan peningkatan followers. Dengan hashtag, Sobat juga dapat melihat dan mengidentifikasi kompetitor. Untuk TikTok, coba gunakan hashtag yang spesifik dan jangan gunakan terlalu banyak hashtag. Kemudian, tambahkan #fyp agar konten yang Sobat buat muncul di beranda lebih banyak orang.

Posting Konten di Waktu yang Tepat

Ternyata memposting konten juga harus memperhatikan waktu yang tepat, lho, Sobat! Ini penting agar konten yang Sobat buat dilihat lebih banyak orang. Temukan waktu terbaik untuk memposting konten. Biasanya waktu terbaik adalah antara jam 10 malam dan jam 1 siang, atau di malam hari. Karena saat itu, dari pelajar SD, mahasiswa hingga pekerja kantoran, mereka akan mengisi waktu luang dengan menonton video TikTok. Ini adalah waktu yang tepat untuk mempromosikan produk yang Sobat jual.

Berinteraksi dengan audiens

Semakin banyak interaksi yang terjadi, semakin baik akun bisnis online dan citra brand Sobat. Salah satu caranya adalah dengan membalas komentar yang masuk ke konten Sobat. Selain itu, Sobat juga dapat mengomentari video orang lain yang membahas produk Sobat. Ingat, TikTok mengurutkan komentar berdasarkan jumlah like. Jadi, pastikan setiap komentar yang Sobat tinggalkan adalah komentar yang baik ya!

Pasang iklan TikTok

Sobat juga dapat menggunakan iklan TikTok yang membuat bisnis lebih dikenal. Sampai saat ini, ada beberapa jenis iklan yang tersedia di TikTok Ads, antara lain:

  • Pre-roll ads: Iklan video yang dimulai setelah pengguna membuka aplikasi
  • In-feed ads: iklan video yang muncul saat pengguna menggulir umpan
  • Promoted hashtag challenges: video yang mendorong pengguna untuk menggunakan hashtag tertentu
  • Branded effects: Filter efek khusus untuk digunakan pembuat konten dalam video mereka. Filter efek ini mirip dengan efek pada Snapchat dan Instagram, tetapi dengan informasi khusus brand.

Bekerja sama dengan Influencer

Selain beberapa cara jualan di Tiktok yang telah disebutkan sebelumnya, Sobat juga bisa menyisihkan sejumlah uang untuk bekerja dengan influencer. Namun, Sobat tidak bisa begitu saja menggunakan jasa influencer. Cobalah lakukan riset terlebih dahulu tentang siapa audiens sang influencer dan jenis konten yang sering mereka unggah. Dengan mengenali audiens mereka, Sobat bisa tahu influencer mana yang cocok untuk mempromosikan produk Sobat.

Nah, itu dia beberapa cara jualan di TikTok yang efektif. Sobat siap punya bisnis yang lebih sukses dengan cara ini?


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment