Apa Itu Giveaway Sebagai Strategi Marketing?

Saat Sobat menjelajahi internet, terutama media sosial, Sobat pasti sering melihat berbagai postingan tentang giveaway? Tapi apa itu giveaway ?

Di era digital seperti saat ini, pemberlakuan giveaway sebagai sebuah marketing menjadi sangat populer dan banyak dilakukan oleh brand dari berbagai kalangan, mulai dari brand kecil hingga brand besar. Strategi marketing giveaway kerap dianggap sebagai jurus yang jebat dalam memasarkan sebuah produk.

Secara sederhana, kita dapat mengartikan giveaway sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh pemilik produk atau brand dengan membagikan produknya sebagai hadiah atau memberikan hadiah lain kepada pelanggan dengan berbagai persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Biasanya syarat-syarat umum yang diberikan adalah mengikuti akun-akun media sosial produk atau brand tersebut, berkomentar di postingan giveaway, mention teman, dan lain sebagainya. 

Karena banyak orang yang tertarik dengan hadiah yang ditawarkan, maka banyak pula orang-orang yang melakukan persyaratan tersebut, sehingga besar kemungkinan setiap teman media sosial mereka terpapar produk atau brand yang dimaksud.

Nah, Sobat sudah tahu apa itu giveaway. Namun apakah Sobat sudah pernah mendengar apa saja jenis-jenis giveaway? Cekidot?

Jenis-jenis giveaway

Secara garis besar, apa itu giveaway dibedakan menjadi dua jenis, yakni self giveaway dan sponsor giveaway, penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Apa itu Self giveaway

Self giveaway dapat didefinisikan sebagai sebuah jenis giveaway yang dilakukan oleh perorangan, bukan atas nama perusahaan. Jadi mulai dari kapan giveaway diberlakukan, apa saja ketentuan giveaway tersebut, apa hadiah yang ditawarkan, hingga siapa yang berhak mendapatkan hadiah giveaway, ditentukan oleh orang tersebut.

Nah, meskipun dilakukan perorangan, self giveaway biasanya dilakukan oleh orang-orang yang menjalankan bisnis dan sudah memiliki pasar tertentu. Terkadang self giveaway juga dilakukan oleh para selebritas untuk mengapresiasi fans-nya. 

Nah, jika saat ini Sobat tengah menjalankan bisnis tertentu, Sobat bisa menggunakan self giveaway ini sebagai cara untuk menarik pasar lho

Untuk hadiahnya, Sobat bisa memberikan beberapa barang yang Sobat jual. Tidak apa-apa kan merelakan sedikit barang untuk mendapat lebih banyak keuntungan?

  1. Apa itu Sponsor giveaway

Nah, bagi Sobat yang ingin mengadakan giveaway tapi tidak mau repot, sponsor giveaway adalah jenis giveaway yang bisa Sobat coba. Sponsor giveaway sendiri merupakan sebuah event giveaway yang dilakukan oleh pihak ketiga. 

Karena giveaway ini dilakukan oleh pihak ketiga atau yang biasa disebut dengan host, maka semua rangkaian event giveaway yang diadakan pun akan diatur oleh mereka. Di sini, Sobat hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa pihak ketiga tersebut. 

Biasanya sponsor giveaway dilaksanakan sekaligus berbarengan dengan berbagai brand lain sehingga event  giveaway yang terlaksana pun akan terlihat sangat besar karena banyaknya brand yang berkontribusi.

Oleh karena itu, sponsor giveaway menjadi sebuah event giveaway yang sangat cocok dilakukan oleh Sobat yang ingin meningkatkan engagement dan brand awarenss. Bagi Sobat yang memiliki bisnis online shop pun ini sangat cocok agar Sobat bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. 

Alasan melaksanakan event giveaway

Setelah memahami apa itu giveaway melalui definisi dan beberapa jenisnya, Sobat pun harus memahami apa saja sih manfaat yang bisa Sobat dapatkan dengan menerapkan strategi marketing yang satu ini. Cekidot!

  1. Giveaway dapat menaikkan leads

Manfaat yang paling terlihat dari pengadaan event giveaway adalah jumlah leads yang meningkat. Leads sendiri dapat diartikan sebagai calon-calon konsumen yang potensial.

Saat Sobat, misalnya, membuat “share info produk” sebagai salah satu persyaratan mengikuti giveaway, maka orang yang tertarik ikut giveaway akan membagikan info tentang produk Sobat di akun media sosialnya. Otomatis, followers atau teman-temannya di media sosial akan melihat informasi tersebut. Jika mereka tertarik dengan produk Sobat, mereka akan membelinya.

  1. Giveaway dapat meningkatkan engagement

Selain dapat meningkatkan leads, pengadaan event giveaway juga dapat meningkatkan engagement terhadap audiens.

Engagement sendiri diartikan sebagai komunikasi, hubungan, atau interaksi yang terjadi antara produk atau brand dengan konsumen. Engagement merupakan hal yang sangat krusial ketika kita ingin membangun komunitas pelanggan yang setia. Jika engagement produk Sobat baik, bisnis yang Sobat jalankan pun akan sangat mudah berkembang.

  1. Giveaway akan menaikkan brand awareness

Meningkatnya brand awareness dengan pengadaan event giveaway sejalan dengan peningkatan leads. Saat banyak orang membagikan info soal produk atau brand sobat, otomatis produk atau brand tersebut pun akan dikenal masyarakat lebih luas.

  1. Ajang promosi mouth to mouth

Di era sekarang, ajang promosi mouth to mouth seperti apa sih yang bekerja? Yep, salah satunya adalah giveaway!

Berbagai studi mengungkapkan bahwa 90% orang lebih percaya membeli atau mencoba sesuatu atas rekomendasi orang-orang terdekat bahkan testimoni dari pelanggan lain yang tidak dikenal.

Saat Sobat mengadakan event giveaway, produk atau brand Sobat akan banyak dibicarakan. Orang yang masih baru terpapar produk atau brand tersebut akan bertanya kepada orang yang sudah pernah mencoba atau menggunakannya. Nah, cara ini sangat efektif sebagai ajang promosi untuk mengenal produk Sobat lebih jauh.

  1. Lebih hemat biaya promosi

Jika Sobat mengadakan event giveaway, itu artinya Sobat harus merelakan beberapa barang yang Sobat jual atau merelakan tabungan bisnis Sobat untuk diberikan secara cuma-cuma kepada orang lain.

Sekilas hal ini memang tampak membuat Sobat mengalami kerugian. Padahal jika kita ulik dan gali lebih dalam, pengadaan event giveaway justru akan membawakan keuntungan bagi Sobat lho

Karena jika Sobat hitung-hitung lagi, anggaran yang Sobat keluarkan sebenarnya tergolong minim dibandingkan jika Sobat menerapkan berbagai strategi marketing lainnya.

Saat Sobat ingin melaksanakan event giveaway, Sobat dapat menyesuaikan nilai hadiah yang ingin diberikan. Bahkan jenis hadiah yang Sobat berikan dapat dibuat lebih spesifik pasarnya.

Misal Sobat menjual berbagai macam sepatu. Sobat bisa melakukan giveaway sepatu pria agar audiensnya menjadi lebih spesifik. Semakin spesifik audiens yang Sobat targetkan, maka semakin besar kemungkinan Sobat mendapatkan calon pelanggan potensial.

So, itulah beberapa informasi tentang apa itu giveaway yang wajib Sobat, sebagai pemilik bisnis, ketahui. Meskipun giveaway memberikan banyak manfaat dan dapat menguntungkan bisnis yang sedang Sobat jalankan, Sobat harus tetap hati-hati dan teliti dalam mencatat semua keuangan, sekalipun itu kecil, agar Sobat tidak mengalami kerugian.

Selanjutnya, jika saat ini Sobat sedang menjalankan bisnis, terutama online shop, Sobat mungkin mengalami kesulitan di masalah pergudangan dan pengiriman barang.

Don’t worry, be happy, Sobat! Saat ini ada jasa yang dengan senang hati bisa membantu Sobat untuk menyelesaikan masalah-masalah itu lho! Perkenalkan… Keeppack!

Dengan bantuan Keeppack, Sobat tidak perlu pusing soal urusan gudang, seperti penyimpan stok barang, pengemasan, hingga pengiriman barang. Keeppack bahkan sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa pengiriman barang terpercaya lho.

Jadi sekarang Sobat bisa mendalami lagi soal apa itu giveaway dan Sobat pun bisa #FokusJualanAja!


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment