Di era digital seperti saat ini, berbagai promosi produk untuk mengembangkan bisnis kerap dilakukan secara online, termasuk menggunakan media sosial. Selain dapat menjangkau pasar yang lebih luas, media sosial juga memungkinkan Sobat untuk melakukan interaksi secara real time dengan calon pelanggan. Di artikel ini kita akan membahas lebih jauh lagi tentang cara promosi di Instagram. Di simak ya!
Salah satu media sosial yang paling populer dan banyak digunakan untuk promosi bisnis adalah Instagram. Hal ini wajar mengingat Instagram adalah media sosial yang kaya akan visual dan tentu lebih mudah diterima oleh generasi muda, termasuk milenial dan Gen Z.
Menurut data Statista (2020), pengguna Instagram secara global mencapai angka 766,4 juta jiwa di tahun 2019 dan mengalami kenaikan yang pesat menjadi 854,5 juta jiwa pada 2020. Di tanah air sendiri, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling diminati, di mana survei Hootsuite menunjukkan bahwa jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka 63 juta jiwa. Artinya, pengguna media sosial yang satu ini telah mencapai 79% dari jumlah populasi di Indonesia.
Bayangkan jumlah tersebut adalah pelanggan potensial yang bisa Sobat jangkau untuk kepentingan bisnis Sobat!
Rasanya wajar jika di tahun 2020 lebih dari 75% pebisnis di Amerika Serikat menggunakan Instagram untuk promosi bisnis. Bahkan penggunaannya mencapai rata-rata 28 menit per hari, lho!
Sekarang giliran Sobat untuk menaikkan nama bisnis dengan bantuan media sosial yang satu ini. Tapi, bagaimana sih cara promosi di Instagram dengan mudah, tanpa ribet, dan dijamin berhasil?
Yuk, simak artikel di bawah ini!
1. Ubah akun biasa menjadi Instagram bisnis
Instagram telah menyediakan dua jenis akun, yakni aku biasa dan akun bisnis. Jika Sobat ingin menggunakan Instagram untuk keperluan promosi, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan konversi akun ke Instagram bisnis. Dengan cara ini, Sobat dapat mengelola akun secara lebih profesional.
Instagram bisnis memungkinkan pengguna mendapatkan informasi berupa traffic dan engagement antara pemilik akun dan audiens atau calon pelanggan. Sobat bahkan bisa membaca data demografi followers hingga di jam berapa mayoritas followers Instagram sobat aktif.
Cara mengubah akun biasa menjadi Instagram bisnis juga sangat mudah, lho! Berikut caranya:
– Klik tombol “Settings” dan pilih “Account”
– Klik menu “Switch to Business Account”. Nanti Sobat akan dialihkan pada sebuah laman Instagram di mana kamu harus memilih salah satu antara “Creator” dan “Business”. Jika tujuan Sobat ingin melakukan promosi Instagram, pilihlah Business.
– Pilih bidang kategori yang sesuai dengan bisnis atau produk yang Sobat tawarkan, misal kesehatan, pendidikan, teknologi, dan sebagainya.
– Profil Sobat sudah diubah menjadi Instagram bisnis. Siap-siap untuk mengelola promosi Instagram yang lebih efektif!
2. Lengkapi informasi di bio Instagram
Menyajikan informasi lengkap di halaman teratas profil merupakan salah satu cara promosi di Instagram yang terbaik. Dengan memberikan informasi lengkap, selain terlihat lebih profesional, Sobat sudah membangun brand awareness bagi calon pelanggan.
Informasi yang diberikan pun tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan, seperti:
– Username yang mudah diingat
– Deskripsi singkat tentang bisnis atau produk yang Sobat tawarkan
– Emoji yang sesuai dan tidak berlebihan
– Link menuju situs bisnis
– Nomor telepon bisnis atau kontak lain yang bisa dihubungi
– Foto profil yang profesional
3. Membuat konten berkualitas dengan tema yang konsisten
Cara promosi di Instagram yang paling visual adalah konten! Kualitas konten tentu menjadi salah satu poin terpenting saat Sobat ingin melakukan promosi Instagram.
Usahakan membuat konten yang eye-catching dan engaging, sehingga saat muncul di explore calon pelanggan, mereka akan tertarik untuk mengunjungi profil Instagram Sobat.
Konten-konten tersebut bisa berupa single image, carousel, dan video, tergantung isinya apa.
Selain itu, yuk, kita perhatikan feed Instagram berbagai brand besar, mereka pasti konsisten dengan tema konten. Tema tersebut misalnya bisa dengan animasi atau dilihat dari warna dominan di situs atau logo bisnis yang Sobat miliki.
4. Mengunggah konten secara konsisten
Tentukan apakah konten yang Sobat buat untuk Instagram bisnis Sobat akan diunggah sekali atau dua kali sehari, atau lebih. Dengan konsistensi seperti ini, sobat akan memperbesar kemungkinan interaksi dan engagement dengan calon pelanggan.
Setelah akun Instagram sobat diubah menjadi Instagram bisnis, Sobat bisa melihat di menu Insights kira-kira followers Sobat aktif di jam berapa. Informasi tersebut bisa menjadi referensi Sobat untuk menentukan jam berapa konten akan diunggah. Nah, cara promosi di Instagram dengan metode ini terbukti ampuh loh untuk naikin engagement!
5. Memaksimalkan fungsi hashtag dan location
Salah satu cara promosi di Instagram yang paling mudah, gratis, bahkan sangat cocok untuk pemula adalah penggunaan hashtag. Hashtag akan berguna bagi orang-orang yang melakukan pencarian Instagram secara spesifik.
Setelah membuat caption konten, sertakan beberapa hashtag yang menggambarkan brand, bisnis, atau produk yang sobat tawarkan. Penggunaan hashtag akan membantu Sobat menjangkau audiens yang lebih luas.
Selain itu, location juga memiliki dampak untuk menjangkau audiens di luar followers. Jangan lupa serta location di setiap konten feed Instagram Sobat ya!
6. Cara promosi di Instagram dengan Story dan Highlight
Beruntung saat ini berbagai fitur di Instagram sangat mendukung untuk keperluan promosi bisnis dan produk. Dengan Instagram Story, sobat dapat membangun branding, berbagi informasi tentang bisnis atau mungkin informasi edukatif yang berhubungan dengan bisnis sobat. Konten tersebut hanya akan bertahan selama 24 jam, namun tetap perhatikan kualitas konten yang dibagikan ya, Sobat!
Setelah membuat Instagram Story, saatnya Sobat membuat Highlight Story di profil Instagram. Dengan cara ini, calon pelanggan atau audiens yang mengunjungi profil Sobat akan lebih mudah mengeksplorasi perusahaan, bisnis, serta produk yang Sobat tawarkan.
7. Memanfaatkan program iklan di Instagram versi gratis
Saat ini terdapat cukup banyak perusahaan digital yang memberikan program beriklan gratis di Instagram. Jika belum siap melakukan promosi Instagram secara berbayar dengan alasan Instagram ads harganya mahal, Sobat bisa memanfaatkan iklan Instagram gratis sebagai salah satu cara terbaik promosi di Instagram.
Persyaratan yang harus diikuti dari perusahaan-perusahaan tersebut biasanya cukup mudah, seperti mengikuti akun bisnis mereka dan memberikan informasi detail tentang bisnis Sobat.
8. Promosi Instagram melalui Instagram Ads
Jika sudah siap mengeluarkan biaya lebih demi menjangkau lebih banyak audiens dan mendapatkan lebih banyak keuntungan, iklan Instagram adalah salah satu cara promosi di Instagram paling mudah dan instan.
Berikut cara membuat iklan di Instagram yang mudah untuk Sobat lakukan:
– Pilih salah satu konten feed Instagram yang ingin sobat promosikan
– Klik “Promosikan” atau “Promote”
– Isi informasi rinci sesuai petunjuk yang diberikan, seperti siapa yang ingin Sobat jangkau, di wilayah mana mereka tinggal, berapa anggaran yang ingin Sobat berikan untuk beriklan di Instagram, berapa lama durasi iklan akan tayang, dan sebagainya.
– Jika akun bisnis sobat ditautkan dengan Facebook, maka Sobat bisa menghubungkannya terlebih dahulu. Namun jika bisnis Sobat tidak memiliki akun di Facebook, Sobat bisa klik “Lewati”.
– Jika semua langkah-langkah di atas telah selesai, saatnya Sobat melakukan klik pada pilihan “Buat Promosi dalam Tinjauan” agar Instagram segera meninjau konten yang ingin sobat promosikan, apakah layak dijadikan sebagai iklan Instagram atau tidak.
9. Cara promosi di Instagram dengan teknik Endorsement
Endorsement merupakan salah satu cara promosi di Instagram yang paling trend saat ini. Teknik promosi ini dilakukan melalui kerja sama antara pemilik produk dengan influencer atau public figure. Biasanya produk yang diberikan kepada para influencer atau public figure tersebut diberikan sebagai pengganti uang tunai.Caranya sangat sederhana! Sobat hanya perlu menghubungi salah satu influencer yang sesuai dengan jati diri produk yang sobat tawarkan, melakukan negosiasi apakah produk Sobat akan diunggah di IG Story atau Feed, lalu mengirim beberapa pilihan atau contoh produk untuk diunggah oleh sang influencer atau public figure.
Itu dia 9 cara promosi di Instagram yang mudah, efektif, dan akan membantu bisnis Sobat naik daun! Bagaimana, mudah kan?
Nah, jika saat ini bisnis yang sedang Sobat bangun di Instagram adalah toko online, namun Sobat masih bingung bagaimana mengelola stok barang yang akan Sobat tawarkan kepada calon pembeli, terutama packing barang yang telah laku terjual, Sobat bisa mengandalkan jasa Keeppack!
Keeppack akan membantu Sobat melakukan inventory stock, packing, dan mengirimkan barang dengan beragam jasa ekspedisi. Dengan Keeppack, keribetan sobat tidak jadi masalah lagi. Sobat bisa fokus jualan! Untuk informasi lengkap, bisa cek di keeppack.