Selama pandemi di tahun 2020, pengguna e-commerce di tanah air pun mengalami peningkatan pesat. Hal ini dipengaruhi oleh anjuran pemerintah yang meminta masyarakatnya untuk tetap berada di rumah. Berdasarkan data riset yang dirilis oleh RedSeer, pembelian berbagai produk melalui platform e-commerce mengalami peningkatan hingga 18,1%, yakni mencapai 98.3 juta kali transaksi dengan jumlah nilai sebesar $1,4 juta USD. Perkiraannya, selama pandemi sudah ada 12 juta pengguna baru. Coba bayangkan betapa besarnya pasar dan cara jualan online laris saat ini!
Nah, sebagai cara untuk menciptakan atau menambah pendapatan utama, Sobat bisa memanfaatkan fakta-fakta tersebut.
Jika saat ini Sobat sedang berencana membuka toko online, baru buka toko, atau sedang galau mencari tahu cara sukses bisnis online, mending Sobat baca artikel di bawah ini tentang tips sukses jualan online!
Bagi yang masih berencana, tentukan jenis kegiatan jualan online
Apabila sudah ada keinginan untuk berjualan online, Sobat tentu harus menentukan posisi Sobat sebagai penjual, apakah ingin menjadi reseller, dropshipper, ingin menjual barang hasil karya sendiri, menjual bekas, atau justru ingin menawarkan jasa atau keahlian di bidang tertentu.
Cari tahu poin plus produk yang ditawarkan
Jika Sobat ingin sukses jualan online laris manis, hal berikutnya yang wajib Sobat telusuri adalah nilai unik produk, atau secara sederhana didefinisikan sebagai hal apa yang membuat produk yang Sobat tawarkan berbeda dengan produk sejenis di toko online lain. Bahasa gaulnya sih biasa disebut sebagai unique selling points.
Poin plus ini bisa dieksplorasi dari berbagai sudut pandang, mulai dari harga, kualitas, kelangkaan (misal produk pertama di Indonesia), kemudahan penggunaan, hingga bagaimana produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
Jika Sobat merasa kesulitan mencari unique selling points dari produk yang Sobat tawarkan, coba lihat dari sudut pandang kompetitor, kira-kira apa saja keunggulan produk Sobat yang tidak dimiliki oleh kompetitor.
Untuk menggali lebih dalam tentang unique selling points, Sobat bisa menggunakan analisis SWOT (Strength atau kelebihan, Weakness atau kekurangan, Opportunity atau peluang, dan Treat atau ancaman). Mulailah menganalisis dan menuliskan beberapa poin dari setiap kriteria. Dengan cara ini, Sobat akan lebih mudah untuk mencari tahu apa yang harus ditekankan dalam promosi produk atau jasa. Inilah awal dari cara sukses jualan online.
Membuka banyak toko
Untuk jualan secara offline, membuka toko bisa menjadi masalah baru bagi pebisnis. Hal ini berkaitan dengan besaran biaya yang harus dikeluarkan. Tapi terima kasih untuk internet karena berjualan online kini dapat dilakukan dengan biaya lebih kecil atau bahkan nyaris tanpa biaya, jika kita berbicara tentang sewa tempat. Ini dia salah satu tips paling bermanfaat cara jualan online laris.
Di dunia serba online, salah satu cara jualan online laris adalah dengan membuka toko di berbagai platform. Sobat bisa mempertimbangkan 5 platform berikut ini:
– Marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, BukaLapak, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk penawaran produk atau jasa.
– Forum jual beli
– Tempat pembuatan situs online gratis
– Situs online milik sendiri
– Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya.
Jangkau lebih banyak pelanggan dengan promo
Semua orang suka promo!
Rasanya sangat aman membuat pernyataan demikian.
Seiring meningkatnya jumlah penjual produk atau jasa secara online, berbagai promo pun dapat dengan mudah kita temukan di jagat internet. Konsep pemberian promo dapat Sobat terapkan untuk mengundang lebih banyak pelanggan mengunjungi laman produk atau jasa Sobat, atau bahkan mengeluarkan kocek untuk produk atau jasa yang Sobat tawarkan.
Promosikanlah apa yang Sobat jual dengan iming-iming promo atau diskon. Sobat dapat memanfaatkan berbagai momen yang relevan dengan produk, seperti Hari Valentine, Akhir Tahun, Imlek, Ulang Tahun, dan sebagainya.
Dijamin deh pelanggan baru akan berdatangan, karena ini merupakan salah satu cara paling ampuh jualan online.
Mempelajari cara jualan online laris dengan content marketing dan berusaha aktif di media sosial
Apakah Sobat sudah pernah mendengar istilah content marketing?
Istilah ini merujuk pada teknik-teknik yang dapat Sobat gunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa melalui pembuatan konten. Tentu saja konten yang dimaksud bukan konten asal-asalan, melainkan konten yang berkualitas, dalam arti memiliki relevansi dengan produk Sobat dan dapat membangun engagement atau keterikatan jangka panjang dengan pelanggan atau calon pelanggan.
Dengan kata lain, semakin bagus konten yang Sobat buat, maka semakin berhasil strategi promosinya. Ini akan mendorong keberhasilan bisnis online yang sedang Sobat kerjakan.
Content marketing (copywriting) juga diperlukan di platform jualan online. Dengan mempelajari copywriting atau penulisan naskah iklan, Sobat dapat membuat deskripsi produk jauh lebih menarik.
Salah satu cara lain yang dapat dilakukan dengan content marketing adalah dengan membuat website blog dan menerapkan prinsip-prinsip Search Engine Optimization (SEO).
Selain itu, pembuatan konten berkualitas di berbagai media sosial juga dapat dilakukan, lho! Berdasarkan riset yang dirilis oleh Hootsuite (We are Social), di Indonesia, jumlah pengguna media sosial sendiri sudah mencapai angka hingga 160 juta orang di awal tahun 2020. Sobat yakin mau menyia-nyiakan potensi pasar sebesar itu?
Menghasilkan foto produk yang berkualitas
Setelah berhasil mempelajari content marketing dengan copywriting, selanjutnya Sobat harus memperhatikan detail foto produk.
Untuk memulai bisnis online dengan foto produk yang menarik, Sobat tidak harus memiliki kamera yang harganya mahal. Cukup dibekali dengan kamera HP, Sobat bisa menghasil foto produk yang berkualitas. Untuk di awal, poin-poin foto produk yang harus Sobat ingat hanyalah hal-hal sederhana seperti gambar produk yang jelas, pencahayaan yang cukup, serta foto yang tidak buram. Hal ini juga sangat mempengaruhi cara jualan online laris lho!
Mempromosikan produk atau jasa secara offline
Meskipun kegiatan yang Sobat lakukan adalah berjualan secara online, namun untuk promosi, berbagai aktivitas offline pun dapat dimanfaatkan. Ada beberapa cara yang bisa Sobat coba dalam mempromosikan produk secara offline, yaitu:
– Word of mouth atau promosi mulut ke mulut. Dalam hal ini, Sobat bisa memperkenalkan produk atau jasa yang Sobat tawarkan (di platform online) kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman kuliah, teman kerja, dan sebagainya.
– Aktif dalam kegiatan bazar di mana Sobat akan mendapatkan kesempatan mendirikan booth untuk memperkenalkan produk Sobat dengan pelanggan berpotensi.
– Melakukan promosi ke toko-toko di daerah tempat tinggal.
– Membuat brosur untuk disebarkan secara offline.
Nah, itu dia 7 tips sukses jualan online laris manis yang dapat Sobat terapkan untuk meningkatkan penjualan produk.
Jika dulu kita harus pergi ke mall atau pasar untuk berbelanja, saat ini kemudahan yang ditawarkan oleh era digital memungkinkan kita dapat berbelanja dimanapun, asal kita tersambung dengan internet. Oleh karena itu, Sobat harus bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun bisnis!
Untuk membantu Sobat yang kesulitan dalam mengelola stok barang yang akan ditawarkan kepada calon pembeli, Sobat dapat menggunakan jasa Keeppack!
Keeppack dapat membantu Sobat melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan pergudangan, mulai dari inventory stock, packing, hingga mengirim barang dengan berbagai jasa ekspedisi.
Nah, Sobat sudah tahu cara jualan online laris dan siapa yang bisa membantu Sobat untuk masalah pergudangan, sekarang waktunya Sobat #FokusJualanAja!