Sobat sedang punya usaha atau bisnis? Untuk membuat bisnis lebih berkembang, kegiatan yang dilakukan di bisnis Sobat pasti tidak jauh-jauh dari kata “promosi”. Bagaimana tidak, pentingnya promosi memang sudah menjadi rahasia umum. Penerapan promosi dalam bisnis memang sudah menjadi sebuah aturan yang mutlak. Jika tidak ada promosi, bagaimana konsumen tahu apa produk atau jasa yang Sobat tawarkan?
Nah, sebelum membahas lebih detail tentang pentingnya promosi, sebaiknya Sobat ketahui dulu apa itu promosi.
Apa itu promosi
Secara sederhana, promosi dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan untuk mendorong kemajuan atau peningkatan sebuah hal, entah itu produk, brand, perusahaan, dan sebagainya.
Di bidang pemasaran, promosi kerap diartikan sebagai aktivitas atau kegiatan komunikasi yang biasanya dilakukan oleh pebisnis untuk memperkenalkan produk atau jasa, brand, bahkan bisnisnya kepada khalayak luas. Nah, jika produk atau jasa, brand, atau bisnisnya telah dikenal oleh banyak orang, maka kesempatan bisnis tersebut berkembang pun akan semakin besar.
Kegiatan promosi sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara online maupun offline. Untuk via online atau digital, beberapa contoh cara promosi dapat dilakukan dengan cara beriklan di media sosial, sementara beberapa contoh promosi offline yaitu beriklan di TV, radio, billboard, media cetak, dan sebagainya. Bukan hanya beriklan, bentuk promosi juga bisa dilakukan berupa pemberian diskon atau kupon untuk produk tertentu.
Pentingnya Promosi
Nah, setelah Sobat memahami apa itu promosi, yuk pahami pentingnya promosi secara lebih detail pada listicle berikut!
- Memberi informasi lebih lengkap tentang produk
Saat Sobat melakukan promosi dalam bisnis, Sobat pastinya berusaha memberikan informasi detail yang menarik tentang produk yang tengah dipromosikan. Biasanya informasi yang disajikan berupa manfaat produk, komposi (jika produk tersebut adalah bahan makanan atau kosmetik), kelebihan produk dibanding kompetitor, harga, dan sebagainya.
Penyajian informasi ini tentu saja tidak hanya bisa disampaikan lewat pesan teks, tetapi bisa secara langsung (tatap muka) atau lewat media visual, audio, dan audiovisual seperti gambar atau video.
Nah, apa pun media promosi yang Sobat gunakan, semuanya bertujuan memberikan informasi yang lebih detail tentang produk yang ditawarkan.
- Memperluas jangkauan konsumen
Pada era digital seperti saat ini, banyak pebisnis yang memilih untuk melakukan promosi secara online, yakni dengan menggunakan media digital, salah satunya dengan beriklan di media sosial. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebagai bagian dari proses digital marketing.
Salah satu keuntungan kelebihan promosi yang dilakukan secara digital adalah jangkauan konsumen yang lebih luas. Jika promosi offline, misalnya, hanya dapat menargetkan konsumen di daerah-daerah tertentu saja di Indonesia dikarenakan biaya yang dikeluarkan sangat besar, promosi secara digital dapat menjadi solusinya. Dengan sifatnya yang borderless, digitalisasi memungkinkan Sobat untuk memperkenalkan produk atau brand bukan hanya terbatas pada wilayah-wilayah di Indonesia, namun hingga ke berbagai negara di dunia.
- Meningkatkan pembelian
Jika bisnis Sobat adalah bisnis baru, mungkin mencari pembeli produk adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan. Nah, dengan adanya promosi, masalah yang satu ini dapat teratasi. Sobat akan segera mendapatkan pelanggan-pelanggan baru. Bukan hanya itu, jika Sobat ingin membuat bisnis lebih besar dengan meningkatkan jumlah pembeli, promosi juga menjadi jawaban yang tepat.
Dengan melakukan promosi, Sobat dapat mempengaruhi persepsi audiens atau calon pembeli untuk segera melakukan pembelian, atau setidaknya mencari tahu lebih jauh tentang produk yang Sobat tawarkan.
Nah, agar tujuan ini dapat tercapai, tentu Sobat harus melakukan strategi promosi yang tepat dan materi promosi yang sesuai dengan preferensi target pasar.
- Meningkatkan brand awareness
Seperti dijelaskan sebelumnya, promosi merupakan media untuk memperkenalkan produk. Otomatis promosi juga menjadi media yang tepat untuk membangun atau meningkatkan brand awareness. Jika calon pembeli sudah mengenal produk yang Sobat tawarkan dan ternyata sesuai dengan kebutuhan mereka, mereka akan memutuskan untuk membeli. Jika mereka sudah percaya dengan brand Sobat, mereka akan kembali membeli produk yang sama atau produk lainnya yang Sobat tawarkan.
- Edukasi konsumen
Poin ini memang mirip dengan poin pertama tentang pentingnya promosi. Namun lebih dari itu, ternyata promosi juga bisa menjadi sarana untuk edukasi konsumen mengenai produk milik Sobat lho!
Selain memberikan detail tentang manfaat serta keunggulan produk Sobat dibanding produk kompetitor, Sobat juga dapat memberikan berbagai fakta menarik untuk diketahui oleh konsumen mengenai produk tersebut lewat promosi.
Jika misalnya Sobat menawarkan produk berupa makanan, Sobat bisa membuat materi promosi berupa cara penyajian makanan tersebut. Jika Sobat menawarkan produk tekstil, Sobat bisa membuat materi promosi berupa cara perawatan bahan tekstil, dan sebagainya. Selain membangun brand awareness, promosi sebagai media edukasi konsumen juga dapat meningkatkan brand trust.
- Membangun loyalitas
Poin ini berkaitan dengan beberapa poin di atas. Jika brand awareness dan brand trust dari konsumen telah dibangun terhadap produk Sobat, loyalitas konsumen pun otomatis akan terbangun.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kegiatan promosi juga termasuk seperti pemberian diskon dan berbagai kupon untuk konsumen. Nah, cara ini juga bisa membangun loyalitas konsumen lho! Jangan lupa berikan kejutan untuk konsumen berupa diskon, hadiah, atau bentuk promosi lainnya ya!
- Mengungguli kompetitor
Promosi memang tidak bisa dilakukan sembarangan, diperlukan strategi yang tepat untuk melakukan kegiatan ini dengan lancar. Dari poin-poin di atas, Sobat sudah tahu pentingnya promosi, mulai dari brand awareness, peningkatan pembelian, dan sebagainya. Tanpa promosi, rasanya percuma jika kualitas produk yang Sobat tawarkan lebih baik dari kompetitor jika ternyata produk tersebut tidak dikenal oleh konsumen. Nah, jika Sobat melakukan promosi dengan strategi yang tepat, Sobat pun bisa mengungguli kompetitor.
- Mencapai target penjualan
Pada akhirnya, semua kegiatan yang kita lakukan untuk bisnis kita adalah untuk mencapai target penjualan. Semua poin di atas yang menjelaskan tentang pentingnya promosi akan menuju ke tujuan yang sama: pencapaian target penjualan. Karena itu, tentukan strategi promosi untuk bisnis Sobat dari sekarang yaa!
Nah, Sobat, itulah penjelasan tentang pentingnya promosi yang wajib Sobat ketahui jika ingin bisnis Sobat lancar.
Selain promosi, layanan terhadap konsumen juga akan mendorong kemajuan bisnis secara pesat. Namun, pernahkah Sobat mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, khususnya dalam pengemasan dan pengiriman barang secara tepat waktu? Jika iya, ada Keeppack ini solusinya!
Dengan jasa Keeppack, Sobat bisa menyimpan stok barang di gudang yang tersedia sesuai kebutuhan. Bukan hanya itu, Keeppack juga membantu Sobat untuk melakukan pengemasan barang dengan rapi agar bisa dikirimkan ke pelanggan dengan aman.
Bagaimana soal pengiriman? Nah, Keeppack bekerja sama dengan berbagai jasa kurir di Indonesia. Jadi, Sobat tidak perlu khawatir ada komplain datang dari pelanggan karena pengiriman barang yang terlambat. Yuk, coba kerja sama dengan Keeppack dan lihat Sobat pasti bisa #FokusJualanAja!
Semoga tips dan cara-cara diatas membantu sobat untuk lebih mengerti tentang pentingnya promosi ya!