Customer Engagement: Dapatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Media Sosial dengan Cara Ini

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan loyalitas pelanggan? Nah, kini tidak perlu pusing lagi karena Sobat dapat membangun loyalitas konsumen melalui media sosial yaitu dengan customer engagement.

Jika media sosial menjadi sarana utama bagi Sobat untuk berbisnis, maka penting sekali bagi Sobat untuk mengetahui customer engagement tersebut. Keeppack akan membantu Sobat memahaminya melalui artikel berikut.

Customer engagement

Customer engagement adalah keterlibatan konsumen dengan pelaku bisnis berupa interaksi secara langsung ataupun melalui media sosial. Ini merupakan cara yang bisa Sobat lakukan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan pada media sosial.

Apabila Sobat berhasil membangun interaksi, maka konsumen pastinya merasa terikat dengan bisnis Sobat dan akan melakukan pembelian secara berulang dan hal ini disebut loyalitas pelanggan.

Terlebih lagi, rasa percaya yang dimiliki konsumen biasanya akan mendorong mereka untuk merekomendasikan produk atau jasa Sobat kepada lingkungan sekitarnya. Dengan begitu, bisnis Sobat juga akan semakin berkembang dan dikenal lebih luas. Itulah mengapa, penting untuk memperhatikan customer engagement dalam bisnis online.

Cara membangun customer engagement

1 cara dalam mendapatkan loyalitas pelanggan yaitu dengan customer engagement, lalu bagaimana cara membangunnya? Berikut beberapa cara yang dapat Sobat lakukan.

  1. Pendekatan dengan followers  

Dalam membangun customer engagement, Sobat harus melakukan pendekatan dengan target konsumen. Sobat dapat membuat unggahan yang interaktif atau memanfaatkan berbagai fitur pada media sosial seperti melakukan sesi tanya – jawab melalui live streaming atau Instagram story. Dengan melakukan pendekatan tersebut, target konsumen akan merasa nyaman dan dekat dengan pelaku bisnis.

  1. Konten menarik dan interaktif

Dalam berbisnis menggunakan media sosial, Sobat harus mampu memaksimalkan penggunaan platform tersebut. Buatlah berbagai konten foto dan video yang menarik mulai dari cara penulisan, pemilihan warna dan desain konten yang cocok.

Selain itu, Sobat dapat membuat acara kecil melalui media sosial seperti social media campaign, challenge atau giveaway yang mana mampu mengundang target konsumen untuk turut serta. Hal ini dapat mempererat hubungan dengan pelanggan sekaligus mempromosikan bisnis Sobat secara luas.

  1. Brand voice

Brand voice adalah cara yang dapat Sobat lakukan untuk membangun customer engagement melalui gaya penulisan. Sobat dapat menentukan gaya penulisan yang ingin digunakan dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan, mulai dari gaya bahasa yang menyenangkan, humor hingga kekinian. Dengan menerapkan ini, bisnis Sobat secara tidak langsung juga akan memiliki ciri khas atau keunikan yang berbeda dengan bisnis lainnya.

  1. Buyer persona

Selain pembuatan dalam gaya bahasa, ikatan erat dengan konsumen juga dapat dibangun dengan adanya buyer persona. Mungkin Sobat pernah menemukan adanya karakter fiksi pada setiap konten media sosial di suatu bisnis? Nah, itu adalah buyer persona.

Karakter yang dibuat seolah – oleh pemilik akun media sosial dan berinteraksi secara aktif dengan pengguna. Adanya buyer persona ini dapat memperkuat ikatan nyata dengan konsumen, loh!

Cara menghitung customer engagement

Cara menghitung customer engagement dapat Sobat lakukan dengan melihat jumlah viewer, like, comment, save dan share pada setiap konten yang dibuat. Contohnya, Sobat mengunggah konten video di Instagram lalu mendapat 1500 viewers, 20 comments, 10 shares, 80 likes dan 5 save. Dengan informasi tersebut, Sobat dapat mengetahui complete engagement (jumlah comment, share, like, save) sebanyak 115. Lalu, Sobat dapat mulai menghitung rasio engagement dengan rumus berikut :

(complete engagement : complete viewers) x 100%

(115 : 1500) x 100 % =  7,6%

Presentase inilah yang dapat dijadikan acuan dalam melihat seberapa interaktifnya konsumen dengan Sobat melalui konten yang diunggah.

Itulah 1 cara mendapatkan loyalitas pelanggan, yaitu dengan customer engagement. Hal tersebut sangat penting untuk dipahami dan diterapkan dalam bisnis online karena dapat membantu dalam menentukan strategi pemasaran kedepannya.

Selain media sosial, Sobat juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan Keeppack. Sobat hanya cukup #FokusJualanAja dan percayakan bisnis mulai dari manajemen gudang hingga e-commerce fulfillment pada Keeppack! Informasi selengkapnya, cek laman berikut yaa https://keeppack.id/.


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment