Brand Extension: Definisi, Manfaat, dan Jenisnya

Brand extension adalah salah satu strategi usaha yang kerap kali dilakukan oleh perusahaan. Ketika berhasil membangun suatu brand yang terkenal, tentunya Sobat ingin bisnis tersebut dapat bertahan dan semakin berkembang, bukan? Nah, brand extension inilah yang Sobat harus coba.  

Mungkin Sobat tidak menyadari bahwa beberapa perusahaan besar saat ini, dapat semakin terkenal karena menggunakan strategi brand extension. Sebelum Sobat menerapkan strategi tersebut, mari ketahui lebih dalam mengenai brand extension melalui artikel ini. 

Brand extension 

Brand extension adalah strategi dalam bisnis, dimana perusahaan mengembangkan produk baru dengan memanfaatkan brand utamanya yang telah dikenal. Brand extension dapat dilakukan jika brand utama Sobat telah meraih popularitas dipasaran dan memiliki brand loyality yang stabil. 

The Lego Group merupakan contoh perusahaan yang telah berhasil menerapkan brand extension. Awalnya, lego merupakan mainan bongkah plastik untuk anak – anak, lalu setelah brand tersebut terkenal, perusahaan mulai memperluas merek dengan merambah pada permainan video, produksi film hingga taman hiburan Legoland di beberapa negara. 

Keuntungan Brand extension 

Tidak mungkin banyak perusahaan besar menerapkan brand extension jika tidak ada keuntungannya. Berikut benefit yang akan Sobat dapatkan dalam menggunakan brand extension sebagai strategi bisnis.

  1. Meningkatkan brand image 

Salah satu keuntungan brand extension adalah citra merek perusahaan akan meningkat. Apple termasuk perusahaan yang menggunakan strategi tersebut dengan meluncurkan produk lain. 

Pada awalnya Apple memproduksi gadget berupa iPhone, lalu Apple mengembangkan produknya dengan tetap menggunakan nama brand utama seperti iPad dan Apple watch. Hasilnya, saat ini kita mengetahui bahwa perusahaan Apple memiliki citra merek yang sangat baik. 

  1. Membantu memperluas pendapatan

Secara tidak langsung brand extension ini juga akan memperluas profit Sobat, karena strategi tersebut memungkin Sobat untuk meluncurkan berbagai produk baru, yang mana dapat menambah aliran pendapatan.  

  1. Mempermudah dalam launching produk

Jika brand Sobat telah memiliki nama dipasaran maka ketika akan meluncurkan produk baru dari hasil brand extension, Sobat tidak perlu khawatir lagi dalam mencari pelanggan. Hal ini dikarenakan brand Sobat telah terkenal sejak awal. Bahkan, bisnis Sobat akan semakin luas dalam menjangkau target.

Nah maka dari itu, sebelum melakukan strategi brand extension, Sobat harus memiliki loyalitas pelanggan yang stabil atau popularitas pada brand terlebih dahulu. 

Jenis – Jenis brand extension 

Berikut adalah beberapa jenis brand extension yang dapat Sobat ketahui :

  1. Product extension

Sesuai namanya, product extension adalah jenis strategi dimana Sobat meluncurkan produk yang menjadi pelengkap dari produk sebelumnya. Contohnya, perusahaan pasta gigi yang meluncurkan sikat gigi sebagai produk pelengkap. 

  1. Line extension

Jenis line extension ini memungkinkan Sobat membuat variasi dari produk yang dimiliki. Contohnya, perusahaan kopi yang memiliki variasi kemasan. Semula hanya berbentuk pack, lalu mengembangkannya menjadi bentuk kaleng, botol dan sachet. 

  1. Company expertise extension

Jenis ini biasanya dilakukan pada perusahaan yang telah memiliki reputasi dan loyalitas pelanggan. Sobat akan melakukan perluasan berdasarkan keunggulan yang dimiliki perusahaan. 

Contohnya, perusahaan aksesoris  gadget yang memiliki keunggulan dalam memproduksi audio berkualitas tinggi. Lalu dengan keunggulan tersebut, perusahaan meluncurkan produk lain seperti speaker dan earphone. 

  1. Transfer of component extension

Pada jenis ini memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan produk berdasarkan komponen yang dimiliki seperti wangi, rasa, warna atau bahan. Contohnya, perusahaan susu yang meluncurkan produk dengan rasa yang beragam seperti susu rasa moka, kelapa dan taro. 

  1. Leveraging of lifestyle

Dalam hal ini, Sobat akan melakukan perluasan produk dengan menyesuaikan gaya hidup konsumen. Contohnya, perusahaan automobile yang bidangnya berfokus pada gaya hidup konsumen di luar ruangan.

Lalu untuk membantu dalam menunjang gaya hidup konsumen, perusahaan memperluas produknya dalam fokus yang sama seperti tenda, sepeda dan kereta bayi.

Nah, itulah penjelasan mengenai brand extension yang dapat Sobat ketahui. Yuk, langsung terapkan brand extension ini! Sobat dapat memulainya dengan meningkatkan loyalitas pelanggan bersama Keeppack. 

Layanan kami akan membantu dalam memberikan kepuasan hati pelanggan Sobat! Jadi, tunggu apalagi? Segera cek selengkapnya disini https://keeppack.id.  


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment