Bersaing di Marketplace? Siapa Takut!

Belanja online kini sudah menjadi sebuah lifestyle para kaum urban modern. Belum afdol rasanya kalau belum belanja online. Setuju?

Menurut survei yang dikemukakan oleh iPrice berkolaborasi dengan AppAnnie dan Similar Web, salah satu marketplace ternama Tokopedia konsisten menduduki urutan pertama dengan kunjungan web bulanan tertinggi yaitu sebanyak 140.414.500 pengunjung pada tahun 2019. Lalu masih diikuti oleh total pengunjung dari marketplace yang lainnya. Wow! Kebayang kan kalau masyarakat Indonesia doyan shopping ?

Nah, ini adalah peluang besar bagi para online seller yang berjualan pada salah satu marketplace tersebut.

Eits, tapi perlu diingat, penjual di marketplace pun juga sangat ramai sehingga kalian harus saling bersaing satu dengan yang lain. Ada beberapa cara untuk kamu coba :

  1. Keyword yang Tepat
    Saat mencari barang yang dibutuhkan, calon konsumen akan mencari nama produk di kolom search product pada aplikasi marketplace. Kamu harus pastikan bahwa nama produk yang kamu jual sudah tercantum pada judul produk. Selain itu, penulisan pada deskripsi produk pun berpengaruh. Jadi, jangan mengabaikan kolom deskripsi produk ya!
  2. Perhatikan Kualitas Foto Produk

    Calon konsumen akan melihat – lihat produk melalui foto produk. Mereka tidak akan terlebih dahulu membaca deskripsi produk ataupun harga, tapi yang pertama adalah Foto Produk. Foto Produk yang baik itu penting! Hal ini dikarenakan perilaku manusia yang adalah makhluk visual. Mereka akan cepat memproses sebuah informasi melalui sebuah gambar atau video. Produk dengan harga mahal akan terlihat murah karena foto produk yang buruk, begitu pula sebaliknya.
  3. Bentuk Toko yang Bisa Dipercaya
    Calon konsumen yang belum pernah berbelanja di toko kamu mungkin akan ragu untuk melakukan transaksi. Ada cara yang bisa dicoba untuk dapat membentuk kepercayaan calon konsumen kamu. Cantumkan kontak yang jelas seperti alamat email, nomor ponsel, atau nama toko offline jika ada
  4. Beri Kelengkapan Informasi
    Tidak hanya membuat calon konsumen semakin yakin, namun kredibilitas toko online akan meningkat sehingga membuat mereka semakin yakin untuk membeli produk di toko kamu. Informasi tambahan bisa diberikan misalnya dengan mencantumkan video produk dan deskripsi yang jelas.
  5. Beri Voucher atau Gift Card

    Untuk menarik kembali calon konsumen melakukan pembelian kedua, maka salah satu cara yang tepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan voucher diskon atau penawaran spesial terhadap produkmu.
  6. Ramah dan Responsif
    Hal ini adalah hal yang termasuk sangat penting dan juga bisa meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Usahakan untuk menjadi seorang penjual yang ramah dan responsif yang siap menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh para calon konsumenmu.

Selamat mencoba dan semoga sukses guys!




Share this Post:
Posted by
adeline

Email: adeline@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment