Internet dan dunia bisnis semakin berkembang setiap tahun dengan munculnya berbagai produk dan inovasi baru. Namun, di antara banyaknya produk dan inovasi, strategi pemasaran digital harus diterapkan agar dapat bersaing dengan kompetitor. Di sinilah seorang digital marketer yang handal dibutuhkan.
Taktik digital marketer yang tepat menjadi salah satu alasan penting mengapa para pengusaha dapat meningkatkan penjualannya. Hal ini dikarenakan taktik digital marketer merupakan aspek terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis, terutama di era digital ini. Nah, berikut ini 9 taktik promosi digital marketing untuk meningkatkan omzet yang bisa Sobat terapkan untuk mengembangkan bisnis di era digital.
- Social media marketing
Saat ini, hampir semua pelaku bisnis, baik UMKM maupun korporasi besar, beralih menggunakan strategi pemasaran melalui media sosial atau social media marketing. Pemasaran lewat media sosial ini disukai oleh para pebisnis karena berbagai alasan.
Alasan utamanya adalah dari sekian banyak strategi yang ada, social media marketing adalah yang paling mudah diterapkan. Karena saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial dan aktif menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, LINE, YouTube, Tik-Tok, dan sebagainya. Dengan banyaknya pengguna media sosial, Sobat bisa menemukan target pasar yang lebih besar.
- Content marketing
Di era serba digital ini, para pelaku bisnis harus selalu mencari ide dan terus berinovasi agar dapat merebut hati konsumen. Untuk menjalankan bisnis yang tidak ketinggalan dengan bisnis kompetitor, Sobat perlu beradaptasi dengan membuat content marketing.
Sobat tentu tidak bisa hanya sekedar membuat content marketing. Sobat harus bisa membuat konten dengan yang informatif atau edukatif untuk menarik calon pelanggan. Konten yang bersifat informatif dan edukatif yang sering dikemas dalam bentuk gambar atau video dapat menjangkau audiens yang lebih besar.
Pastikan juga Sobat memilih informasi atau edukasi yang tepat untuk bisnis dan target pasar. Selain itu, Sobat juga bisa memasukkan pesan yang provokatif pada konten yang Sobat buat.
- Search Engine Optimization (SEO)
SEO atau Search Engine Optimization juga merupakan salah satu taktik digital marketer yang perlu Sobat coba untuk meningkatkan omset bisnis. Strategi pemasaran ini membutuhkan biaya yang sangat terjangkau dan efektif dalam meningkatkan penjualan.
Dengan mengoptimalkan SEO situs web bisnis Sobat, peluang situs web muncul di halaman pertama mesin pencari akan menjadi sangat tinggi. Dengan cara ini, situs web bisnismu akan mendapatkan lebih banyak pengunjung dan penjualan produk akan meningkat karena pengunjung website mungkin tertarik untuk membeli produk yang Sobat tawarkan di website bisnis tersebut.
- Pay Per Klik (PPC)
Pay Per Klik pada dasarnya adalah iklan di internet. PPC berarti Sobat membayar untuk setiap klik pada iklan yang Sobat tayangkan. Sobat dapat menargetkan iklan ini ke halaman situs web bisnismu, kontak bisnis, situs ecommerce di mana Sobat membuka toko online, dan sebagainya.
Vendor PPC yang bisa Sobat andalkan untuk menjalankan taktik digital marketer ini adalah Google Ads dan Facebook Ads. Karena Sobat harus mengeluarkan anggaran untuk menjalankan taktik ini, pastikan Sobat menjalankannya dengan efisien.
- Email marketing
Seperti namanya, strategi ini menargetkan audiens email. Jadi, Sobat bisa langsung mempromosikan konten, diskon, acara, dan sebagainya, dengan mengirimkannya langsung ke audiens Anda melalui email.
Sobat bisa mendapatkan data email dari langganan blog, unduhan ebook, transaksi yang diselesaikan oleh audiens, dan banyak lagi. Agar tidak menjadi spam, Sobat perlu menyajikan email dengan menarik.
- PR Online
Perusahaan yang dapat menerapkan teknologi ini biasanya cukup matang atau merupakan perusahaan yang cukup besar. PR online berhubungan dengan publikasi digital. Misalnya dimuat di media online seperti Kompas, Tribun, dan sebagainya.
Optimalkan promosi di media ini. Cobalah untuk membuat media dan influencer lain penasaran dan tertarik dengan publikasi yang Sobat buat. Agar mereka tertarik, produkmu memang harus benar-benar unik.
- Konten bersponsor
Sobat mungkin sering melihat konten-konten di mana influencer mempromosikan berbagai produk. Ini juga merupakan salah satu taktik digital marketer yang sangat sering dilakukan dan terbukti cukup efektif beberapa waktu terakhir.
Konsepnya adalah menjual produk menggunakan layanan influencer. Ada berbagai bentuk kerjasama dengan influencer, misalnya product placement, sharing product knowledge, pemanfaatan produk (instrumen, fashion), pembuatan konten eksklusif, dan lain-lain.
- Membuat desain situs web menjadi responsif
Membuat desain website lebih responsif dan menampilkan website sesuai ukuran layar ponsel adalah hal yang sangat penting dalam taktik digital marketer. Hal ini dikarenakan, seperti yang disebutkan di atas, sebagian pengunjung situs web saat ini cenderung lebih suka menggunakan ponsel untuk browsing. Selain itu, membuat halaman dengan respons yang cepat membuat Google memprioritaskan situsmu.
- Search Engine Marketing
Selain SEO, SEM adalah taktik digital marketer lain yang dapat Sobat terapkan untuk mendorong pemasaran digital demi meningkatkan penjualan. Pada dasarnya, SEO dan SEM memiliki kesamaan dalam hal media, yakni mesin pencari seperti Google dan Bing. Meski demikian, SEO dan SEM memiliki strategi digital marketing yang berbeda.
Saat menggunakan strategi SEM, iklan situs web yang Sobat tempatkan akan muncul di bagian atas mesin pencari. Ini mempermudah audiens untuk melihat dan mengklik iklan di situs web bisnismu. Namun, dari segi biaya, SEM tentu lebih mahal dibanding SEO.
Nah, itu dia beberapa taktik digital marketer yang cukup umum, efektif, dan bisa Sobat terapkan untuk mengembangkan bisnismu. Taktik mana yang sudah pernah Sobat terapkan?