Periklanan adalah suatu upaya untuk menginformasikan kepada konsumen atau calon pembeli tentang suatu produk atau jasa. Tentunya tujuan dari iklan yang dibuat adalah untuk mendorong calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk dan jasa (media bisnis).
Periklanan adalah media bisnis dan salah satu strategi pemasaran sekaligus cara paling penting bagi bisnis untuk mempresentasikan dan menjual produk dan layanan mereka.
Promosi yang menarik akan meningkatkan brand awareness bahkan penjualan. Oleh karena itu, promosi tidak boleh dilakukan sembarangan karena jika promosi gagal, konsumen dapat menjadi tidak percaya atau kehilangan kredibilitas dengan produk dan layanan yang ditawarkan.
Nah, jika Sobat ingin melakukan promosi melalui iklan, ada beberapa media bisnis untuk promosi yang dapat Sobat gunakan.
1. Internet
Di era saat ini, internet sudah menjadi salah satu hal yang sangat dekat dengan kehidupan banyak orang. Oleh karena itu, tidak dapat disangkal bahwa kebutuhan akan jaringan internet saat ini sangatlah besar. Penggunanya pun sangat banyak. Bahkan untuk berbelanja, masyarakat juga lebih memilih transaksi belanja online karena lebih praktis dan efisien.
Sebagai pebisnis, Sobat harus memanfaatkan situasi ini sebaik mungkin. Gunakan Internet untuk media promosi online dan media bisnis yang wajib. Selain mudah digunakan, Sobat juga tidak perlu mengeluarkan biaya promosi yang besar. Sobat bisa mengatur anggaran iklan jika Sobat ingin menggunakan iklan Facebook atau iklan Instagram. Dengan begitu, Sobat bisa mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan bisnis lainnya.
Sobat bisa menggunakan berbagai contoh media promosi online seperti:
- Facebook (Iklan Facebook)
- Instagram (Iklan Instagram)
- Twitter (Iklan Twitter)
- Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll. (Fitur promosi, afiliasi influencer, dan sebagainya).
- Youtube (Iklan YouTube)
2. Televisi
Meskipun era internet melejit, tapi televisi menjadi salah satu media yang memiliki banyak audiens di Indonesia. Televisi sebagai media bisnis bisa menjadi hal yang menarik untuk dijadikan pilihan.
Dengan beriklan di televisi, Sobat bisa mendemonstrasikan produk yang Sobat tawarkan melalui media audio visual, sehingga pesannya lebih mudah sampai ke audiens. Namun sayangnya, beriklan di televisi memakan banyak waktu dan biaya. Selain itu, durasi iklannya juga pendek. Oleh karena itu, kedua hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk Sobat yaa!
3. Spanduk
Untuk media promosi dengan tampilan yang lebih menonjol, gunakan spanduk yang dicetak dalam ukuran besar dan dipasang di tempat yang mudah dilihat. Umumnya yang digunakan adalah spanduk berukuran 80 x 200 cm, sehingga orang masih bisa melihat spanduk dari kejauhan.
Pemasangan spanduk horizontal dapat dilakukan pada tiang-tiang yang disediakan atau disewa secara khusus oleh pemasok. Ada juga spanduk vertikal yang dipasang pada X-frame atau lebih dikenal dengan X-banner. Spanduk ini bisa dipasang di depan toko Sobat atau berbagai acara di mana bisnis Sobat ikut berkontribusi.
4. Poster
Poster merupakan salah satu media bisnis yang sering digunakan untuk mempromosikan produk. Sama seperti spanduk, jika poster dicetak dalam ukuran besar dan diletakkan di lokasi yang strategis, ia berpotensi menarik perhatian orang di sekitarnya.
Agar orang yang lewat tertarik untuk membaca, Anda membutuhkan desain poster yang cukup eye-catching yang menjelaskan produk komersial Anda dengan baik.
5. Brosur
Brosur adalah media bisnis untuk promosi yang diproduksi secara massal untuk keperluan pemasaran. Hingga saat ini, brosur masih digemari oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Banyak brosur ditawarkan di kasir toko atau didistribusikan kepada konsumen yang mereka temui di berbagai tempat, misalnya mall.
Brosur yang baik harus memuat informasi tentang produk yang dipromosikan dan menyertakan gambar asli. Jika Sobat memilih brosur sebagai media bisnis untuk keperluan promosi, pastikan brosur tersebut juga didesain dengan baik untuk menambah daya tarik pelanggan.
6. Radio
Radio sebagai media bisnis untuk melakukan promosi juga masih sering digunakan, terutama oleh pelaku UMKM yang target pasarnya adalah warga lokal. Tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk menggunakan media yang satu ini. Meskipun demikian, Sobat tetap bisa mendapat menjangkau audiens yang luas. Bahkan promosi lewat media ini dapat diterima dan didengar di daerah yang belum dialiri listrik. Selain itu, penyampaian pesan lewat radio juga biasanya sangat mudah diterima oleh siapa saja.
Namun sayang, promosi lewat radio tidak dapat menampilkan gambar, sehingga sulit untuk menyampaikan informasi detail tentang bagaimana bentuk visual dari produk yang ditawarkan.
7. Surat kabar dan majalah
Surat kabar dan majalah merupakan media bisnis / promosi cetak yang dapat menyajikan banyak informasi dan sering dibaca oleh konsumen. Saat ini, promosi di surat kabar memang kurang efektif untuk menjangkau anak muda. Namun, jika target pasar untuk bisnis Sobat bukan anak muda, atau generasi yang masih jarang menggunakan internet, surat kabar dan majalah tetap bisa menjadi media bisnis untuk promosi.
Promosi di surat kabar dan majalah dapat muncul dalam teks di bagian khusus iklan. Namun, karena konsumen tidak melihat produknya, dan tarif iklan ditagih per kata, penyampaiannya menjadi kurang efektif dan terbilang mahal.
8. Merchandise
Menggunakan media promosi berupa merchandise bisa cukup baik dalam menarik minat konsumen untuk membeli produk yang Sobat jual. Beberapa pilihan merchandise yang bisa Sobat tawarkan adalah:
- Alat tulis
- Mug
- Topi
- Kalendar
- Gantungan kunci
- Payung
- Bantal
- Stiker
- Magnet kulkas
- Botol minum
- Kaos
Nah, itu dia beberapa media bisnis untuk promosi yang bisa Sobat coba. Gimana? Siap agar bisnis Sobat diketahui lebih banyak orang?