4 Contoh Marketing Campaign yang Bisa Jadi Inspirasimu

Sobat mungkin sudah tidak asing dengan slogan “Aku dan kau, suka Dancow..” atau “Indomie seleraku..” kan? Nah, kedua iklan ini memang sangat membekas di hati banyak orang meskipun saat ini iklannya sudah tidak tayang. Bahkan, saat membaca kalimat ini, banyak orang membacanya tidak dengan nada datar, tetapi dengan nada persis seperti yang ditayangkan iklan. Nah, inilah contoh marketing campaign.

Keren, ‘kan? Hanya satu kalimat saja sudah membuat orang tahu itu brand apa. Nah, agar Sobat juga tahun apa itu marketing campaign lebih dalam, contoh marketing campaign, hingga bagaimana cara menerapkannya demi kesuksesan brand, yuk, simak penjelasan berikut ini!

Apa itu marketing campaign?

Marketing campaign adalah strategi untuk mempromosikan beberapa aspek bisnis, seperti meningkatkan brand awareness dan mendapatkan feedback dari konsumen, Dengan kata lain, marketing campaign bukanlah strategi pemasaran utama sebuah brand. Sebaliknya, ia hanya sebagian kecil dari keseluruhan strategi pemasaran.

Beberapa contoh marketing campaign diterapkan pada momen cuci gudang sebuah brand di akhir tahun, momen berbagai hari raya, dan sebagainya. Biasanya, marketing campaign dilakukan dengan menggunakan berbagai media tergantung pada tujuannya, mulai dari email, flyer, billboard, TV, radio, PPC hingga media sosial.

Manfaat Marketing Campaign

Sobat ragu menerapkan marketing campaign untuk bisnis yang tengah Sobat kelola? Jika iya, mungkin 3 manfaat marketing campaign berikut ini bisa mengubah pikiran Sobat.

Meningkatkan popularitas brand

Apakah Sobat sudah tahu produk Mastin sebelumnya? Nah, banyak orang mungkin tidak tahu produk ini sebelum munculnya marketing campaign Mastin sebagai “Kulit manggis dalam ekstrak”?

Nah, inilah yang salah satu contoh marketing campaign  yang berhasil. Saat kampanyenya muncul, semua orang Indonesia tahu siapa Mastin Good dan apa yang dia jual.

Oleh karena itu, marketing campaign dapat meningkatkan kesadaran merek dan membuat bisnis Sobat menjadi lebih populer. Apalagi jika kampanye pemasaran tersebut anti mainstream dan memiliki slogan yang catchy, dijamin brand Sobat bakal viral dalam sekejap!

Mendapatkan leads

Apa yang terjadi jika brand Sobat menjadi populer? Ya, semakin banyak orang yang tertarik dengan apa yang Sobat jual!

Dalam dunia bisnis, orang-orang ini juga disebut sebagai pelanggan potensial dan memiliki potensi besar untuk menjadi pelanggan di masa depan. Nah, di sini Sobat bisa memanfaatkan strategi digital marketing untuk mendapatkan kontak pelanggan, seperti email, dan sebagainya, agar Sobat bisa terus menawarkan produk yang Sobat jual.

Menambah jumlah penjualan

Semakin banyak pelanggan potensial yang Sobat miliki, semakin besar kemungkinan Sobat untuk memenangkan hati pelanggan dan “membujuk” mereka melakukan pembelian produk. Ini akan meningkatkan penjualan  dan keuntungan. Bukankah itu tujuan Sobat menjalankan bisnis?

Contoh marketing campaign yang bagus

Nah, setelah tahu apa saja manfaat marketing campaign yang utama, Sobat juga mungkin butuh bukti brand mana saja yang telah mendapatkan manfaat-manfaat tersebut. Yuk, perhatikan contoh marketing campaign beberapa brand di bawah ini yang sudah berhasil sebelumnya!

Nike: Just Do It

Salah contoh marketing campaign yang berhasil telah dilakukan oleh Nike. Tahukah kamu kalau dulu produk Nike kebanyakan hanya ditujukan untuk pelari maraton? Lalu, mereka mendapat Reebok sebagai saingan. Saat itu penjualan lebih berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding Nike. Oleh karena itu, pihak Nike berpikir harus melakukan sesuatu untuk mengalahkan kompetitornya.

Kemudian, di akhir tahun 80-an, Nike meluncurkan apa yang banyak orang ketahui sebagai gerakan Just Do It. Marketing campaign menciptakan gebrakan besar pada penjualan Nike. Pada tahun 1988, Nike Menjual $800 juta yang naik 10x kali lipat menjadi $9,2 miliar di 10 tahun berikutnya.

Slogan Just Do It memang hanya merupakan kalimat pendek. Namun melekat di pikiran banyak orang hingga saat ini.

Absolut Vodka: The Absolut Bottle

Meskipun botol Absolut Vodka memiliki bentuk yang sama sampai sekarang, dari desain botol yang konstan ini, botol mereka adalah salah satu botol vodka yang paling terkenal di dunia. Kampanye iklan perusahaan ini menghubungkan citra kehidupan nyata dengan bentuk botol vodka. Terbukti, kampanye ini sangat sukses dan tidak berhenti selama 25 tahun.

Ini adalah kampanye terpanjang dalam sejarah dengan lebih dari 1500 iklan yang berbeda. Ketika kampanye dimulai, Absolut memiliki pangsa pasar 2,5% di pasar vodka. Pada akhir tahun 2000-an, Absolut menjual lebih dari 4,5 juta botol per tahun. Wah, marketing campaign keren ‘kan, Sobat?

Apple: Shot on iPhone

Apple merupakan sang juara dalam hal promosi. Salah satu contoh marketing campaign mereka, “Shot on iPhone” pantas berada salah satu kampanye terbaik di dunia. Hal ini dikarenakan sekilas, kampanye pemasaran ini terlihat seperti UGC pada umumnya, di mana  pengguna iPhone diminta untuk mengirimkan foto mereka dengan tagar tertentu.

Namun, perbedaannya terletak pada seberapa serius Apple menyikapi UGC ini. Iklan “Shot on iPhone” juga muncul di TV yang menampilkan artis kelas dunia seperti Lady Gaga dan Selena Gomez yang melakukan mengabadikan gambar bagus hanya dengan kamera iPhone.

Selain itu, sebagai bagian dari marketing campaign ini, Apple juga memilih 11 fotografer profesional ternama dari berbagai belahan dunia  sebagai juri. Tidak berhenti sampai di situ, 10 foto pemenang dipajang di billboard di berbagai kota besar, di berbagai toko Apple, serta di semua materi promosi online mereka.

Metro Trains: Dumb Ways to Die

Kami yakin Sobat sudah familiar dengan video atau lagu Dumb Ways to Die. Namun, tahukah Sobat cerita di balik video tersebut? Ternyata video tersebut dibuat pada marketing campaign untuk mengirim  pesan sederhana: hati-hati di sekitar rel kereta api.

Video animasi ini  menunjukkan beberapa contoh kematian yang sebenarnya bisa dihindari jika mereka berhati-hati. Videonya langsung viral di seluruh dunia dan sudah ditonton 188 juta orang sejak tahun 2012. Efeknya juga luar biasa lho. Metro Train mengatakan kampanye pemasaran telah berhasil mengurangi kecelakaan “hampir-tabrakan” hingga 30%.

Nah, itulah beberapa informasi tentang manfaat dan contoh marketing campaign hingga contoh marketing campaign yang berhasil dilakukan beberapa brand. Gimana? Sobat tertarik menerapkan marketing campaign ini? Jika iya, bagaimana bentuknya?

Semoga beberapa contoh marketing campaign diatas bisa meng-inspirasi Sobat Keeppack semua ya!


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment