10 Cara Meningkatkan Penjualan yang Wajib Diterapkan Semua Pebisnis

Salah satu cara meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis adalah dengan meningkatkan penjualan. Jika penjualan sudah meningkat, bisnis Sobat pun dapat tumbuh dan menarik lebih banyak pelanggan.

Namun, menjaga konsistensi untuk terus meningkatkan penjualan tidak selalu mudah. Terkadang beberapa metode berhasil, terkadang tidak. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan, termasuk platform yang digunakan, layanan, model bisnis, harga, dan sebagainya. Nah, agar lebih jelas, ada beberapa cara meningkatkan penjualan yang dapat Sobat terapkan. Baca artikel di bawah ini, yuk!

Meningkatkan brand awareness dan brand trust

Salah satu cara meningkatkan penjualan adalah dengan memperkuat kegiatan branding. Brand atau merek sendiri adalah identitas bisnis Sobat. Melalui promosi brand yang kuat, pelanggan akan lebih mudah mengenali dan mengingat brand atau bisnis Sobat. Selain itu, brand yang kuat juga dapat membantu Sobat bersaing dengan banyak kompetitor.

Untuk memperkuat brand, pastikan elemen brand seperti dari logo, efek visual, warna, slogan, dan sebagainya, sesuai dengan karakteristik atau gambaran bisnis yang ingin Sobat bangun. Selain itu, semua elemen juga harus sesuai dengan target audiens atau pelanggan Sobat.

Membangun platform penjualan yang lebih luas

Semakin luas cakupan bisnis, semakin banyak orang akan memahami bisnis tersebut. Ini berarti peluang Sobat untuk meningkatkan penjualan bisa menjadi lebih tinggi. Untuk memperluas pengaruh bisnis, salah satu cara yang dapat Sobat lakukan adalah dengan meningkatkan platform penjualan.

Mungkin beberapa orang yang termasuk dalam target pelanggan Sobat tidak menggunakan platform penjualan yang Sobat gunakan. Misalnya jika Sobat berjualan di media sosial, bisa jadi karena orang yang mencari produk yang Sobat jual tidak menggunakan media sosial, mereka akhirnya tidak terpapar dengan promosi produk yang Sobat tawarkan.  

Untuk bisa menjangkau pelanggan demikian, Sobat bisa meningkatkan variasi platform penjualan. Jika dulunya Sobat hanya berjualan di media sosial, Sobat bisa mulai membuka toko offline, atau mungkin berjualan di pasar. Dari sana, Sobat dapat menjangkau lebih banyak target konsumen dan bahkan menemukan target pelanggan baru.

Saat menggunakan platform penjualan yang berbeda, Sobat juga harus memperhatikan berbagai elemen sederhana namun penting di setiap platform.. Misalnya, jika Sobat berjualan di suatu pasar, Sobat perlu mengetahui jenis produk apa yang biasanya dibeli orang di pasar tersebut. Jika Sobat menjual produk lewat Instagram, Sobat setidaknya harus memahami algoritma dasar Instagram sehingga Sobat dapat mengoptimalkan penjualan produk.

Membuat konten

Untuk meningkatkan penjualan, Sobat tidak selalu harus membicarakan atau menjual produk secara langsung. Sobat bisa menarik perhatian target konsumen dengan membuat berbagai konten yang menarik. Ini sangat penting jika Sobat menjual produk melalui media sosial dan situs web.

Salah satu faktor yang dipertimbangkan orang sebelum bergabung dengan toko online dan membeli barang adalah konten bisnis. Mereka akan melihat apakah kontennya menarik atau bermanfaat. Dengan berbagi konten yang menarik, orang akan terdorong untuk melihat konten Sobat yang lain bahkan mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Sobat.

Bagaimana Sobat membuat konten yang menarik target penjualan? Sobat bisa mempertimbangkan konten-konten yang relevan dengan target audiens dan masih relevan dengan produk yang Sobat jual. Misalnya, jika Sobat menjual pakaian wanita, Sobat dapat membagikan berbagai tips untuk memadukan berbagai gaya pakaian dari produk-produk yang Sobat jual. Keren kan idenya?

Menawarkan promo

Salah satu cara meningkatkan penjualan yang paling efektif adalah dengan memberikan promosi dan diskon. Agar target konsumen Sobat lebih tertarik, Sobat bisa memberikan batas waktu promosi agar urgensinya lebih tinggi.

Sobat dapat memberikan banyak jenis promosi, termasuk promosi untuk pembeli pertama kali, beli 1 gratis 1, berbagai potongan harga, cashback, penjualan dengan strategi bundling, gratis ongkos kirim, dan sebagainya. Sobat juga dapat menerapkan strategi up-selling dan cross-selling. 

Upsell adalah strategi yang mendorong konsumen untuk membeli produk yang lebih banyak atau produk tambahan dari produk yang ingin mereka beli. Misalnya, jika Sobat menjual mangkuk nasi, Sobat dapat menawarkan pembeli untuk menambahkan bumbu atau telur.

Cross-selling adalah strategi yang mendorong konsumen untuk membeli produk tambahan yang berkaitan dengan produk yang ingin mereka beli. Misalnya, jika Sobat menjual laptop, Sobat juga dapat memberi konsumen kesempatan untuk membeli tas atau pelindung layar laptop.

Melakukan review harga

Jika penjualan tidak meningkat, Sobat bisa mengecek kembali harga barang yang dijual. Apakah ini sesuai dengan yang dijual di pasaran? Jika terlalu mahal, calon pembeli akan ragu untuk membeli dan akhirnya akan beralih ke kompetitor. Sebaliknya, jika terlalu murah, calon pembeli malah bisa khawatir dengan kualitas produk yang akan diterimanya. 

Nah, jika ternyata produk yang Sobat tawarkan terlalu mahal, Sobat dapat menawarkan produk serupa dengan harga  lebih rendah, seperti menawarkan  produk yang lebih kecil. Jika harga terlalu rendah, Sobat bisa menaikkan harga dengan mengedukasi konsumen tentang kualitas dan manfaat produk agar mereka tetap tertarik. Cara meningkatkan penjualan yang satu ini memang terbilang agak tricky maka itulah diperlukan adanya strategi yang baik dalam menjalankan bisnis.

Memberikan pilihan metode pembayaran yang lebih beragam

Untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan lancar bagi calon pembeli, Sobat dapat menawarkan metode pembayaran yang lebih bervariasi. Terkadang ada konsumen yang tidak jadi membeli sebuah produk karena metode  pembayaran yang tidak biasa atau tidak bisa mereka gunakan. Sayang sekali kan Sobat? 

Dengan menawarkan beberapa metode pembayaran, Sobat dapat menyesuaikan dengan lebih baik berbagai kebutuhan calon pembeli. Kabar baiknya, beberapa aplikasi pembayaran online menawarkan poin untuk setiap transaksi yang dilakukan. Calon pembeli mungkin akan lebih tertarik untuk membeli produk Sobat.

Menjaga loyalitas pelanggan

Selain menarik pelanggan baru, Sobat juga harus memperhatikan pelanggan yang sudah ada. Sobat dapat menggunakan berbagai strategi untuk menjaga loyalitas pelanggan. Misalnya, berbagi informasi dengan mereka tentang promosi terbaru atau adanya paket khusus. 

Menampilkan review

Salah satu aspek yang dipertimbangkan calon pembeli saat ingin membeli sebuah produk adalah review. Review yang baik membuat konsumen  lebih percaya terhadap kualitas produk yang Sobat jual. 

Selain  meyakinkan konsumen, review menunjukkan keterbukaan dan kejujuran Sobat sebagai penjual. Jadi, Sobat bisa meminta pembeli untuk meninggalkan review setelah menyelesaikan transaksi. Tunjukkan kepada calon pembeli berbagai review atau testimoni di platform penjualan yang Sobat gunakan.

Aktif beriklan

Jika Sobat memiliki modal lebih, tidak ada salahnya memasang iklan di platform penjualan. Dengan beriklan, toko Sobat akan mendapatkan lebih banyak eksposur dan menjangkau lebih banyak calon pembeli. 

Selain itu, banyak platform penjualan sudah memungkinkan penjual untuk menyesuaikan iklan mereka dengan target pembeli. Untuk iklan yang efektif, gunakan kata-kata dan gambar yang mendorong rasa ingin tahu. Sobat dapat menonjolkan sisi manfaat produk untuk beriklan.

Memberikan layanan terbaik

Terakhir, layanan yang baik merupakan faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan bisnis dan merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan yang sering dilupakan para pembisnis. Layanan yang dimaksud di sini mencakup banyak faktor, mulai dari kualitas produk, kecepatan membalas pesan, gaya komunikasi yang ramah dan sopan, kecepatan pengiriman, garansi, dan sebagainya. Dengan kualitas layanan yang baik, Sobat dapat mengungguli kompetitor karena pembeli lebih memilih untuk berbelanja ke toko Sobat.

Bersama Keeppack, Sobat dapat menjaga kualitas layanan, misalnya dengan memastikan kualitas barang karena disimpan dengan aman, keamanan pengemasan, bahkan pengiriman barang yang tepat waktu bahlan terbilang cepat. Karena itu, serahkan urusan ini pada Keeppack agar Sobat bisa #FokusJualanAja!

Itulah 10 cara menigkatkan penjualan. Semoga berguna untuk semua pembisnis yaaa


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment