Sebelum melakukan bisnis online, Sobat perlu mempersiapkan beberapa hal, salah satunya yaitu pemahaman mengenai target pasar.
Jangan menjalankan bisnis online jika Sobat belum mengetahui target pasar, karena hal tersebut termasuk elemen penting dalam membangun suatu bisnis.
Lalu, seperti apa target pasar itu? Yuk, temukan jawabannya melalui artikel berikut!
Apa itu target pasar?
Target pasar adalah sekelompok individu yang berpotensi untuk dijadikan sasaran bisnis dari produk atau jasa Sobat. Target pasar dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori :
- Demografi : usia, jenis kelamin, pendapatan
- Psikologi : kebiasaan, gaya hidup, kepribadian
- Geografi : lokasi, kota, provinsi, wilayah
Adanya target pasar, dapat mempermudah Sobat dalam menentukan strategi pemasaran. Selain itu, bisnis Sobat juga akan berjalan lancar karena memiliki target sasaran yang tepat.
Bagaimana cara menentukan target pasar?
Tidak cukup hanya memahami apa itu target pasar, Sobat juga perlu untuk mengetahui cara menentukannya.
- Menganalisa konsumen
Langkah pertama dalam menentukan target pasar adalah menganalisa konsumen melalui produk atau barang yang ditawarkan.
Misalnya, Sobat memiliki bisnis layanan desain dan perawatan taman rumah. Nah, dari bisnis tersebut Sobat dapat menyimpulkan bahwa konsumen yang dituju yaitu orang dewasa, telah menikah atau bekerja.
Jika dikelompokkan kedalam kategori, memungkinkan target pasar Sobat berasal dari kalangan menengah ke atas dan berjenis kelamin laki – laki atau perempuan.
- Melakukan riset pasar
Riset pasar juga menjadi cara dalam menentukan target pasar karena dapat membantu Sobat untuk mengidentifikasi kompetitor.
Melalui riset pasar, Sobat akan mengetahui beberapa insight seperti target konsumen kompetitor seperti apa, lalu bagaimana strategi yang digunakan kompetitor hingga alasan mengapa konsumen tidak membeli produk Sobat.
- Menjelaskan kelebihan produk
Bisnis online Sobat tidak akan mampu bersaing dengan kompetitor jika tidak memiliki keunggulan. Oleh karena itu, penting sekali untuk Sobat dapat menjelaskan kelebihan produk.
Salah satu contohnya, Sobat dan kompetitor A menjual barang serupa yaitu sabun cuci. Namun, sabun cuci Sobat berbeda karena terbuat dari bahan alami sehingga tidak akan membuat tangan perih saat menggunakannya.
Perbedaan tersebut merupakan keunggulan yang dapat Sobat jadikan pembeda dengan kompetitor.
- Membuat segmen pasar
Segmentasi pasar adalah proses dimana Sobat mengelompokkan target konsumen berdasarkan beberapa kategori seperti demografi, psikologi dan geografi.
Pembuatan segmentasi ini akan mempermudah Sobat dalam menganalisa target pasar.
- Memanfaatkan analisis target pasar
Setelah selesai menganalisa dan mengidentifikasi target pasar, hasil informasi tersebut dapat Sobat manfaatkan untuk membuat produk dan layanan yang dibutuhkan target konsumen.
Dalam hal pelayanan seperti penyimpanan, pengemasan, pengiriman hingga pengembalian barang, Sobat dapat menggunakan jasa fulfillment dari Keeppack. Kenapa? Karena, layanan Keeppack dapat meringankan pengelolaan bisnis (biaya) dan Sobat juga akan lebih fokus dalam pengembangan produk.
Dengan menggunakan jasa Keeppack fulfillment center, Sobat dapat lebih mudah menentukan dimana stok barang akan di tempatkan menyesuaikan traget pasar bisnis.
Berbagai pengusaha online telah mempercayakan bisnisnya pada Keeppack. Jadi tunggu apalagi? Daftar sekarang juga melalui laman berikut ini https://keeppack.id/.