Strategi pemasaran 4P mungkin sudah tidak asing lagi bagi dunia marketing. Keempat elemennya (Product, Price, Place, Promotion) terbukti efektif mendatangkan banyak manfaat, salah satunya dalam meningkatkan omzet bisnis.
Sebagai pelaku bisnis, pastinya memiliki banyak goals dan target keberhasilan yang ingin dicapai. Namun, siapa sangka semua hal tersebut telah terangkum dalam strategi pemasaran 4P ini.
Strategi pemasaran 4P menjadi solusi paket lengkap untuk Sobat yang ingin sukses dalam berbisnis. Lantas, seperti apa strategi tersebut? Temukan jawabannya pada artikel berikut.
Pengertian strategi pemasaran 4P
Strategi pemasaran 4P adalah konsep dasar pemasaran yang biasa dilakukan oleh pelaku bisnis dalam kegiatan mempromosikan produknya. Elemen 4P ini terdiri dari Product (produk), Price (harga), Place (tempat), dan Promotion (promosi).
Strategi pemasaran tersebut juga dikenal dengan sebutan bauran pemasaran (marketing mix).
Elemen strategi pemasaran 4P
Strategi pemasaran 4P terdiri dari beberapa elemen yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.
- Product (produk)
Elemen product merupakan kondisi dimana Sobat mengelola barang yang ditawarkan sekaligus mengembangkannya.
Sobat dapat meminta saran atau masukan dari pelanggan terkait produk yang dihasilkan untuk membantu proses pengembangan tersebut.
Adapun, faktor – faktor yang harus menjadi pertimbangan dalam elemen ini yaitu fitur (keunikan produk), kualitas, merek, desain, variasi, hingga pengemasan.
Jika Sobat berhasil dalam mengembangkan atau membangun keunikan produk yang dimiliki, maka akan mendatangkan banyak pelanggan, dan omzet bisnis Sobat juga akan ikut meningkat.
- Price (Harga)
Elemen kedua yaitu price, penetapan harga ideal untuk barang yang ditawarkan dengan mempertimbangkan strategi penetapan harga, diskon atau promosi, kompetitor, hingga profit.
Contohnya, Sobat menetapkan harga wajar pada produk yang ditawarkan dan disertai dengan adanya paket bundling murah agar lebih banyak menarik konsumen.
- Place (tempat atau saluran distribusi)
Elemen place, pemilihan tempat yang cocok dan strategis untuk berbisnis. Elemen ini juga lebih berkaitan dengan saluran distribusi (bagaimana cara agar produk sampai ke konsumen).
Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan yaitu jenis tempat, logistik, penanganan barang, dan saluran distribusi (fisik atau online).
Contohnya, Sobat menjual produk dengan berbagai saluran distribusi seperti toko offline dan online berupa website. Lalu, menjalin kerja sama dengan toko lain seperti swalayan. Semakin beragam saluran distribusinya, maka omzet yang didapat juga akan berpeluang tinggi.
- Promotion (promosi)
Promotion merupakan upaya dalam mengkomunikasikan, memasarkan atau mempromosikan produk kepada target konsumen.
Elemen promotion memiliki beberapa faktor untuk dijadikan bahan pertimbangan, seperti penjualan pribadi (bertemu langsung), pemasaran langsung (melalui email atau surat), iklan (media cetak atau elektronik), promosi penjualan (diskon), dan hubungan masyarakat (citra positif).
Contohnya, Sobat memberikan diskon pada produk tertentu atau berkolaborasi dengan influencer.
Manfaat strategi pemasaran 4P
Strategi pemasaran 4P tentunya akan mengarahkan Sobat untuk menganalisa keempat elemennya. Hal ini akan memberikan dampak berupa manfaat bagi bisnis yang dijalankan.
- Pemahaman pada kebutuhan pelanggan
- Pemahaman terhadap kompetitor secara mendalam
- Perencanaan pemasaran yang terstruktur
- Pengelolaan mix marketing yang efisien, meliputi pengembangan dan pelaksanaannya
- Pengukuran evaluasi kinerja
Alasan menggunakan strategi pemasaran 4P
Terlepas dari berbagai manfaat yang dimiliki, strategi pemasaran 4P juga memiliki beberapa alasan yang mengharuskan Sobat untuk menerapkannya.
- Membangun brand awareness
Dengan mix marketing 4P, Sobat akan lebih terfokus dalam pengembangan produk yang lebih berkualitas dan unik. Tanpa sadar, hal tersebut akan menciptakan brand awareness yang kuat pada bisnis Sobat.
- Menentukan harga efektif
Alasan lain pentingnya menerapkan strategi pemasaran 4P, yaitu karena dapat membantu Sobat menentukan harga yang efektif melalui pertimbangan terhadap permintaan pasar, biaya produksi hingga analisis kompetitor.
- Memperluas pangsa pasar
Strategi pemasaran 4P juga sangat penting untuk diterapkan, karena memiliki fokus dalam membangun saluran distribusi dan promosi yang efektif.
Dengan fokus tersebut, Sobat dapat memperluas basis pelanggan dan meningkatkan pangsa pasar. Sudah pasti omzet bisnis yang dijalankan juga akan ikut berkembang.
Itulah strategi pemasaran 4P yang efektif untuk meningkatkan omzet bisnis. Nah, untuk keuntungan yang lebih maksimal, Sobat dapat menggunakan layanan manajemen pergudangan dengan sistem warehouse management system (wms) dan e-commerce fulfilment pada Keeppack.
Selagi fokus mengembangkan produk, Sobat dapat mempercayakan manajemen stok barang pada Keeppack. Berbagai pelaku usaha di Indonesia telah mempercayai Keeppack dalam bisnisnya, sekarang giliran Sobat! Yuk, cek info selengkapnya disini https://keeppack.id/.