Meningkatkan performa chat Shopee merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan jika bisnis ingin berjalan sukses.
Performa chat Shopee ini akan menentukan kepuasan pelanggan, dan juga reputasi suatu bisnis.
Mungkin banyak pelaku bisnis yang merasa stuck, atau bahkan terus mengalami penurunan dalam performa chat pada Shopee.
Sebenarnya, hal tersebut tidak sulit. Hanya saja, Sobat belum mengetahui beberapa cara dalam meningkatkan performa chat Shopee.
Lantas, apa saja cara meningkatkan performa chat Shopee? Simak penjelasan Keeppack melalui artikel berikut ini.
Cara meningkatkan performa chat shopee
- Merespon cepat chat yang masuk
Merespon chat dengan cepat merupakan salah satu cara yang sangat mempengaruhi kenaikan performa chat Shopee. Sebisa mungkin Sobat merespon chat dalam 30 detik pertama.
Mengapa demikian? Karena, informasi yang diberikan dengan cepat kepada konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, juga mampu memberikan kepuasan pelanggan.
Bayangkan, ketika ingin membeli produk dan admin toko online tersebut sangat cepat dalam merespon. Pastinya, calon pembeli akan merasa puas.
Kondisi tersebut memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Selain itu, Sobat juga harus memberikan informasi yang informatif pada pertanyaan konsumen, agar terhindar dari adanya pengembalian (refund).
- Tanggapi keluhan dengan profesional
Setiap bisnis online pastinya tidak luput dari adanya keluhan pelanggan. Nah, jika ada masalah tersebut, Sobat harus menanggapinya dengan profesional dan responsif.
Tidak lupa untuk menyertakan solusi dari keluhan pelanggan tersebut, dan pastikan konsumen merasa dihargai.
- Manfaatkan pesan template
Shopee juga memiliki fitur pesan template yang bisa kamu manfaatkan. Fitur tersebut sangat membantu Sobat dalam menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat. Sobat juga dapat menyesuaikan pesan template agar tetap terlihat profesional.
- Matikan balasan otomatis
Hindari balasan otomatis. Sobat bisa mematikan balasan otomatis, karena fitur ini tidak masuk tolak ukur dalam penilaian performa chat Shopee.
Sebagai solusinya, Sobat bisa membalas pesan pelanggan dengan say hi, memberikan stiker, atau memanfaatkan chat template.
- Menjadi yang terakhir balas chat
Ketika chat dengan pelanggan, pastikan Sobat menjadi pihak yang terakhir membalas pesan. Walaupun percakapan telah selesai, sebisa mungkin tetap menjadi pihak yang terakhir membalas. Hal ini akan mempengaruhi naiknya performa chat Shopee.
- Sertakan gambar dan detail produk
Ternyata, menyertai gambar dan detail produk dalam percakapan dengan pelanggan dapat meningkatkan performa chat shopee, loh.
Ini akan memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi secara cepat dan langsung, terkait produk yang dibutuhkan.
Terlepas dari hal itu, halaman profil yang menarik juga akan menarik pelanggan lebih banyak.
- Monitoring dan analisis
Cara yang terakhir adalah memonitoring dan menganalisis performa chat Sobat dengan memperhatikan pola komunikasinya, feedback dari pelanggan, dan mengevaluasi agar dapat terus meningkatkan kualitas layanan chat.
Pada dasarnya, suatu bisnis yang sukses tidak luput dari beberapa aspek seperti strategi promosi, dan pelayanan.
Namun, pelaku bisnis biasanya merasa kewalahan, sehingga mengabaikan sebagian aspek, salah satunya performa chat Shopee ini. Padahal, aspek tersebut sangatlah penting.
Jika pernah atau bahkan sering mengalami keadaan tersebut, maka itu tanda bahwa Sobat membutuhkan bantuan dalam persiapan admin marketplace dan manajemen warehouse dan e-commerce fulfillment.
Keeppack dapat menjadi layanan yang Sobat percaya. Dengan kualitas dan layanan admin, gudang warehouse berbasis WMS OMS, Keeppack akan sangat membantu Sobat dalam menjalankan operasional bisnis. Jadi, Sobat juga tidak akan kewalahan lagi. Langsung saja, kunjungi laman berikut untuk informasi lebih lanjutnya Keeppack.