Omnichannel vs Multichannel. Mana yang Lebih baik?

Omnichannel vs Multichannel. Mana yang Lebih baik?">

Omnichannel vs multichannel, mana yang lebih baik? Kira – kira begitulah pertanyaan yang kerap kali menjadi perbincangan di tengah para pelaku bisnis.  

Kedua pendekatan tersebut memang memegang peranan penting dalam membangun interaksi antara suatu bisnis dengan target konsumennya.

Terlebih lagi, di era saat ini saluran komunikasi semakin beragam dan sebagai pelaku bisnis tentunya ingin memanfaatkan peluang tersebut untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Namun, mana yang lebih baik diantara keduanya? Nah, dalam artikel ini Keeppack akan mengajak Sobat untuk memahami omnichannel vs multichannel secara lebih mendalam.

Omnichannel

Omnichannel adalah sistem yang mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi untuk memberikan pengalaman seragam dan berkualitas tinggi pada pelanggan.

Melalui pendekatan omnichannel, informasi pelanggan akan terintegrasi dalam satu platform dan Sobat dapat memperoleh data tersebut.

Adanya informasi mengenai pelanggan, akan mempermudah Sobat untuk selalu menyediakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Multichannel

Multichannel adalah sistem dimana Sobat menggunakan berbagai saluran komunikasi untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan sekaligus berinteraksi dengan mereka.

Berbeda dengan omnichannel, saluran – saluran komunikasi pada multichannel tidak memiliki tingkat integrasi sehingga, pengalaman yang diberikan kepada konsumen tidak akan selalu konsisten.

Tanpa adanya integrasi, maka Sobat tidak akan memperoleh informasi pelanggan secara menyeluruh. 

Perbedaan omnichannel dan multichannel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, omnichannel dan multichannel mungkin sekilas terlihat serupa. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Omnichannel lebih menekankan pada integrasi dan koordinasi yang mendalam pada saluran – saluran komunikasinya, sedangkan multichannel hanya berfokus untuk memiliki banyak channel tanpa harus terintegrasi dengan baik.

Berikut beberapa perbedaan omnichannel dan multichannel yang harus Sobat ketahui

  1. Channel (saluran)

Pada omnichannel, berbagai saluran yang dimilikinya saling terintegrasi dalam satu platform sedangkan, multichannel tidak saling terpadu.

Saluran yang digunakan juga berbeda, omnichannel cenderung menggunakan channel seperti media digital (iklan radio, tv)  atau media cetak (majalah) dan multichannel biasanya menggunakan media sosial, email atau aplikasi.

  1. Tujuan

Omnichannel memiliki tujuan utama untuk memberikan pengalaman yang konsisten, terintegrasi, dan berpusat pada kebutuhan atau preferensi setiap individunya.

Sementara, multichannel bertujuan hanya untuk menyediakan berbagai pilihan saluran tanpa berfokus dalam memberikan kualitas pengalaman yang konsisten kepada pelanggan.

  1. Ketersediaan informasi pelanggan

Ketersediaan informasi pelanggan pada omnichannel terbilang sangat menyeluruh karena, data konsumen telah terintegrasi ke dalam satu platform.

Berbeda dengan multichannel yang tidak menyediakan informasi pelanggan secara holistik karena, data tidak terintegrasi dengan baik.

Kemampuan dalam menyajikan data pelanggan secara menyeluruh tentunya sangat penting, karena akan memberikan kemudahan bagi Sobat untuk memahami preferensi konsumen.

  1. Cara kerja

Cara kerja omnichannel dan multichannel dalam membantu mengembangkan bisnis cukup berbeda.

Omnichannel lebih memanfaatkan kemampuan dalam mengumpulkan informasi pelanggan secara menyeluruh.

Sementara itu, multichannel cenderung hanya fokus dalam memperbanyak saluran komunikasi agar mendatangkan banyak pelanggan.

Omnichannel vs multichannel

Omnichannel dan multichannel tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Apabila Sobat menginginkan kemampuan dalam integrasi data dan memberikan pengalaman dengan kualitas baik kepada pelanggan, maka omnichannel adalah jawabannya.

Namun, jika Sobat hanya ingin mencapai target konsumen secara meluas di berbagai platform saja tanpa integrasi data yang kompleks, maka dapat menggunakan multichannel.

Baik omnichannel atau multichannel, Sobat harus menyesuaikan dengan bisnis yang dijalankan.

Perlu dilakukan analisis mendalam seperti apa tujuan bisnis Sobat, bagaimana preferensi konsumen, teknologi hingga sumber daya untuk menentukan pendekatan yang cocok.

Implementasi omnichannel dan multichannel

Setelah menentukan salah satu pendekatan yang sesuai, Sobat juga wajib memperhatikan manajemen gudang yang dilakukan.

Saat menggunakan omnichannel yang memiliki tujuan dasar untuk memberikan pengalaman konsisten kepada pelanggan, Sobat harus memastikan bahwa barang yang dimiliki dapat terus tersedia di semua saluran.

Begitu juga dengan multichannel, Sobat harus memiliki manajemen gudang yang mampu mengelola persediaan secara efisien di setiap saluran komunikasinya.

Penting sekali untuk memiliki sistem yang dapat mengintegrasi data mulai dari persediaan, pemesanan, hingga pengiriman di seluruh channel.

WMS (warehouse management system) menjadi salah satu sistem yang dapat mendukung efisiensi dalam omnichannel dan multichannel.

Nah, dalam hal ini Sobat tidak perlu khawatir lagi. Kini, Sobat dapat menggunakan layanan manajemen gudang Keeppack yang telah berbasis WMS dan OMS.

Tidak hanya itu, Keeppack juga menyediakan layanan e-commerce fulfillment yang telah dipercaya oleh berbagai pelaku bisnis. Ingin tahu lebih dalam? Cek informasi selengkapnya disini https://keeppack.id/


Share this Post:
Posted by
Lita

Email: lita@keeppack.id

Related Posts:

Leave a Comment