Saat ini teknologi berkembang pesat, memperoleh dan mempertahankan pelanggan juga akan semakin sulit dalam suatu bisnis. CRM (customer relationship management) dapat menjadi rahasia bisnis untuk menarik banyak pelanggan dalam era digital ini.
CRM dapat digunakan di berbagai aspek bisnis, mulai dari pengumpulan, analisa data hingga otomatisasi proses pelayanan pelanggan.
Nah, agar Sobat dapat memahaminya secara mendalam, Keeppack akan mengungkapkan lebih detail penjelasan CRM, manfaat dan penerapannya melalui artikel berikut ini.
Customer relationship management (CRM)
Customer relationship management (CRM) adalah pendekatan atau strategi bisnis yang melibatkan teknologi dan manusia untuk mengelola serta meningkatkan interaksi dengan pelanggan.
Singkatnya, CRM akan membantu Sobat untuk mempertahankan pelanggan melalui penggunaan teknologi.
CRM bertujuan untuk mendapatkan konsumen baru (hunting), mempertahankan pelanggan (farming) dan mengetahui kebutuhan customer atau trend analisis (customer acquisition).
Pada dasrnya, CRM memang didesain untuk mempertahakankan kepuasan pelanggan, meningkatkan keuntungan (profit), dan menambah pendapatan (revenue).
Pentingnya CRM
Customer relationship management sangat penting untuk diterapkan, karena dapat membantu Sobat dalam mengembangkan bisnis.
CRM akan memungkinkan Sobat untuk mengumpulkan data, menganalisa perilaku konsumen dan memanfaatkan informasi tersebut untuk mengetahui secara mendalam mengenai pelanggan.
Dengan begitu, Sobat juga akan lebih mudah untuk mempertahankan konsumen atau meningkatkan keuntungan.
Manfaat CRM
- Meningkatkan loyalitas konsumen
Seperti penjelasan sebelumnya, CRM mampu membantu Sobat dalam memperoleh informasi pelanggan.
Ketika memperoleh data tersebut, Sobat dapat langsung menentukan strategi pemasaran yang sesuai dan menerapkan kualitas pelayanan yang baik. Hal ini akan berkontribusi dalam meningkatkan loyalitas konsumen.
Contohnya, target konsumen Sobat cenderung menyukai produk A namun dengan model minimalis. Nah, untuk menarik pelanggan, Sobat menerapkan adanya diskon pada produk tersebut dan melakukan inovasi model minimalis.
Pelayanan atau pemahaman mengenai kebutuhan pelanggan yang baik akan membuat customer merasa puas dan memungkinkan untuk berbelanja kembali.
- Meminimalisir pengeluaran
Melalui informasi pelanggan, Sobat akan lebih mudah untuk memperkecil atau mengelompokkan target konsumen yang sesuai.
Dengan begitu, Sobat akan lebih fokus untuk mencapai target dan pengeluaran bisnis juga akan lebih terminimalisir dan terencana.
- Meningkatkan efisiensi penjualan
Dengan CRM, Sobat dapat mengotomatisasi pengiriman pesan atau penawaran kepada konsumen, yang mana hal tersebut tersebut akan mempermudah kegiatan administratif dan meningkatkan produktivitas karyawan.
- Meningkatkan revenue
Tentu saja, CRM dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan revenue (pendapatan). Jika Sobat telah berhasil memperkuat hubungan dengan konsumen atau mengoptimalkan pemasaran, maka pastinya pendapatan bisnis Sobat juga ikut meningkat.
- Memberikan data penjualan yang real – time
Manfaat lainnya yaitu dapat memberikan Sobat data penjualan berisikan keuntungan yang diperoleh, riwayat transaksi, hingga laporan penjualan secara detail dan akurat.
Contoh CRM
- Email marketing
Contoh pertama yaitu email marketing. Sobat dapat menyebarkan email ke beberapa pelanggan yang mungkin berisikan promo atau penawaran.
Pastikan juga agar email tersebut terintegrasi dengan CRM, agar pelanggan dapat langsung diarahkan ke laman promo yang ditawarkan.
- Website
Biasanya suatu bisnis memiliki website tersendiri. Nah, Sobat dapat memanfaatkannya dengan menyediakan form bagi pelanggan yang ingin berbelanja atau berkonsultasi.
Nantinya, data tersebut akan disimpan oleh database CRM dan Sobat dapat memanfaatkannya untuk memahami pelanggan lebih mendalam.
- Aplikasi
Apabila Sobat memiliki aplikasi khusus untuk bisnis maka dapat menerapkan CRM ini. Contohnya, sebelum mengakses pertama kali, pelanggan diharuskan melakukan registrasi. Dari tahap tersebut Sobat dapat memperoleh database atau informasi mengenai pelanggan.
Sekarang, Sobat telah memahami konsep CRM (customer relationship management) dalam memperkuat hubungan dengan konsumen. Nah, jika Sobat sedang mencari sistem gudang dengan teknologi warehouse management system atau fulfillment center di Jakarta dan sekitarnya, percayakan pada Keeppack!
Yuk, ketahui lebih lanjut pada laman berikut https://keeppack.id/ dan gabung sekarang juga bersama para pelaku bisnis lainnya.